Mohon tunggu...
Ikhah Malikhah
Ikhah Malikhah Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Dosen Manajemen Universitas Pembangunan Pancabudi Medan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

UNPAB Goes to UMT Malaysia

19 Februari 2024   14:54 Diperbarui: 19 Februari 2024   15:10 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Pembangunan Panca Budi Medan (UNPAB) melalui Program MBKM Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) memberikan kesempatan emas kepada 9 orang mahasiswa Fakultas Sosial Sains program studi Manajemen dan Ekonomi Pembangunan, untuk belajar memperluas wawasan kebangsaan, integritas dan menggali budaya baru ke Universiti Malaysia Terengganu (UMT) di Malaysia yang kegiatannya berlangsung pada semester ganjil 2023/2024.

Perjalanan mahasiswa ini pun tidaklah mudah, mereka harus melalui beberapa tahapan seleksi, agar bisa terpilih, kendati demikian mereka tetap bersemangat mengikuti program pertukaran mahasiswa ini. Dalam hal ini yang harus mahasiswa pelajari adalah pentingnya mempersiapkan diri dengan baik, mencari informasi tentang kampus UMT, memahami budaya dan lingkungan baru yang akan membantu mahasiswa untuk cepat beradaptasi disana.

Kegiatan program pertukaran mahasiswa ini berfokus untuk meningkatkan kemampuan akademik dan kompetensi mahasiswa, mengasah berbagai keterampilan yang bermanfaat bagi pembentukan kepribadian dan menyiapkan diri sebagai sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengarungi dunia kerja selepas menamatkan pendidikan tinggi, sekaligus mahasiswa berperan sebagai duta bangsa yang memperkenalkan budaya Indonesia. Pengalaman belajar di UMT akan menjadi kesempatan para mahasiswa untuk belajar berbagai perspektif baru meningkatkan wawasan global. Selain daripada itu, program pertukaran mahasiswa ini juga berpotensi memperkuat kerjasama di level perguruan tinggi antara UNPAB dengan UMT, adapun beberapa kerjasamanya meliputi penelitian dan pengabdian mahasiswa dan dosen.

Selama mengikuti program pertukaran mahasiswa ke UMT, mahasiswa disediakan fasilitas asrama di lingkungan kampus UMT, serta didampingi oleh guide khusus mahasiswa UMT yang dinamakan Buddies. Adapun proses program pertukaran mahasiswa ini, mahasiswa peserta program mengikuti Sit In Class, seminar, visit culture, study tour, dan kegiatan lainnya.

Diharapkan dengan mengikuti program ini khususnya untuk para mahasiswa UNPAB dapat semakin meningkatkan wawasan global dan pengalaman tentang nasionalisme kebangsaan, serta menjadi langkah awal menuju hubungan yang erat antara UNPAB dan UMT.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun