Mohon tunggu...
Ikfin Nurmazidah
Ikfin Nurmazidah Mohon Tunggu... tugas kuliah

baca yuk..

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kepemimpinan Masa Khulafaur Rosyidin

14 Januari 2021   21:59 Diperbarui: 14 Januari 2021   22:14 35 0 0 Mohon Tunggu...

1. Abu Bakar as Shidiq

Khalifah Abu Bakar as Sidiq mempunyai karakter lemah lembut dan tegas. Dengan lembutannya dapat menginsafkan orang-orang berniat berbuat kejahatan. Sementara orang-orang yang selalu mengganggu dihadapi secara tegas oleh Abu Bakar. Beberapa kebijakan dan prestasi Abu Bakar adalah :

Keberhasilan menguasai wilayah Palestina, Yordania, dan Syiria. Penyebaran dakwah terus dilanjutkan oleh pasukan Muslim.

Berhasil memberantas gerakan riddah, serta berhasil memperluah wilayah Islam keluar jazirah Arab.

Pengumpulan lembaran (shuhuf) ayat-ayat suci al-quran yang tertulis dipermukaan kulit kayu, tulang-belulang dan juga batu.

2. Umar bin Khattab

Khalifah Uma bin Khattab memiliki karakter cerdas, tegas, dan mengutamakan kepentingan rakyat. Kecerdasannya Umar diperlukan untuk menbanun dasar-dasar kemasyarakatan yang Islami. Beberapa kebijakan dan prestasi Umar bin Khattab adalah :

Penaklukan wilayah Romawi, yaitu ; Damaskus, Syiria Utara, Darussalam, Parsi, dan Mesir.

Membentuk beberapa lembaga pemerintah diantaranya dibidang ekonomi, seperti mendirikan Baitul Mal, mendirikan departemen keuangan dan pajak, menetapkan anggaran penerimaan dan pengeluaran negara.

Lembaga bidang sosial mendirikan departemen penddikan, kehakiman, menunjuk Qadhi sebagai ketua peradilan, menetapkan kalende Hijriyah.

Lembaga bidang keamanan membentuk angkatan perang yang tetap dan teratur, membagi wilayah kekuasaan Islam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN