Mohon tunggu...
KKM SELOKAJANG 2021
KKM SELOKAJANG 2021 Mohon Tunggu... Lainnya - MAHASISWA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

KKM - DR UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2021-2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKM-DR UIN Malang Rancang Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Pariwisata Desa Selokajang

29 Januari 2022   02:31 Diperbarui: 29 Januari 2022   02:41 304 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kelompok KKM-DR UIN Malang 2021-2022/dokpri

Assalamu'alaikum wr. wb.

Hallo Teman-teman semua, perkenalkan kami dari tim KKM-DR UIN MALANG 2021-2022

Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan sedikit tentang kegiatan-kegiatan kami selama melaksanakan KKM-DR selama  1 bulan di Desa Selokajang dimulai dari tanggal 27 Desember 2021- 27 januari 2022. 

" Fokuslah Menjadi produktif, bukan sekedar tangi turu saja " - mahasiswa aktif.

KKM ( Kuliah Kerja Mahasiswa ) Mahasiswa UIN MALANG 2021-2022 yang lebih dikenal dengan KKM -- DR UIN MALANG 2021-2022 yang mengusung tema yaitu "Moderasi Beragama dan Peningkatan Ekonomi Sosial Masyarakat" di Desa Selokajang, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Mahasiswa peserta KKM-DR UIN MALANG 2021- 2022 mengadakan beberapa kegiatan yang ditunjukkan untuk Pengembangan  Ekonomi Kreatif Berbasis Pariwisata Di Desa Selokajang. Program yang dijalankan bertujuan untuk membantu serta mendukung beberapa program yang telah ada di Desa Selokajang namun, belum terealisasi kan dengan baik dan sempurna.

KKM-DR UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dimulai pada tanggal 27 Desember 2021 sebagai tanda dimulainya program kerja yang telah disusun dan berakhir pada tanggal 27 Januari 2022. Program kerja dalam upaya perencanaan pengembangan Ekonomi Kreatif serta melakukan pemberdayaan kepada sektor UMKM di Desa Selokajang yang sesuai dengan permintaan dan arahan dari pihak desa yang disampaikan langsung oleh kepala desa. Program kerja ini bertujuan membantu sektor-sektor ekonomi mikro yang membutuhkan bantuan pasca pandemi dan dalam upaya untuk mengembangkan sektor pariwisata yang menjadi fokus utama pihak desa pada saat ini, serta sebagai upaya untuk  mendukung terealisasi nya perencanaan "Desa Kreatif Berbasis Pariwisata".

Upaya awal yang dapat dilakukan adalah dengan mulai melakukan survei di beberapa UMKM yang terdapat di Desa Selokajang dan melakukan berbagai pendekatan untuk mengetahui garis besar permasalahan yang sedang dihadapi. Kemudian, akan dilakukan penyelesaian dari permasalahan tersebut secara bersama-sama oleh Kelompok KKM-DR UIN MALANG 2021-2022. Terdapat beberapa sektor UMKM yang menjadi fokus utama dalam kegiatan ini, diantaranya :  UMKM Keripik Singkong, Kambing Etawa, Gula Kelapa, dan Kuliner khas pesisir Sungai Brantas juga tidak lepas dari perhatian. Upaya yang dapat kami lakukan antara lain :

  • Membantu memasarkan produk UMKM.
  • Membuat desaign pengembangan produk, design, kemasan dan aplikasi pemasaran online ( Shopee ).
  • Memasukkan wilayah tempat produksi produk umkm ( Google Maps ).
  • Membantu proses pengolahan susu Kambing Etawa.
  • Membantu UMKM dalam memperkenalkan usahanya melalui poster.

whatsapp-image-2022-01-29-at-01-37-52-61f438334b660d76cd601442.jpeg
whatsapp-image-2022-01-29-at-01-37-52-61f438334b660d76cd601442.jpeg
Kunjungan mahasiswa KKM-DR UIN MALANG ke UMKM setempat/dokpri

Hal lain yang dilakukan adalah mendatangi lokasi wisata yang berpotensi yaitu Gua Tumpuk yang juga terletak tidak jauh dari Sungai Brantas, yang mana juga dilakukan upaya untuk pengembangan potensi yang ada di Sungai Brantas karena salah satu sungai terbesar di Jawa ini sangat berpotensi jika dapat digali potensinya. Dimulainya juga pembangunan kolam pemandian di sebelah nya juga turut serta dalam mewujudkan Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Pariwisata di Desa Selokajang.

Upaya realisasi dalam perencanaan untuk mewujudkan Desa Kreatif Berbasis Pariwisata adalah dengan membuat master plan pada  lokasi wisata yang mencakup Gua Tumpuk, lokasi pemandian serta spot wisata lain yang di instruksi kan oleh pihak desa. Dalam proses ini terus dilakukan upaya penyesuaian dan revisi-revisi sehingga dapat mencapai kesesuaian dengan konsep awal yang juga mempertimbangkan gambaran lokasi wisata serupa di daerah lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan