Bagaimana Penerapan aspek-aspek pembelajaran berdiferensiasi?
Aspek-aspek pembelajaran berdiferensiasi meliputi konten, proses dan produk yang disusun dalam perencanaan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Konten merupakan materi yang diajarkan atau disampaikan kepada peserta didik tentunya dengan mempertimbangkan pemetaan kebutuhan belajar peserta didik baik.Â
Proses merupakan variasi kegiatan pembelajaran yang akan peserta didik alami di dalam kelas yang mengacu bagaimana siswa akan memahami, memaknai atas informasi atau materi yang akan dipelajari. Diferensiasi pada produk berupa variasi hasil dari tugas pembelajaran. Tugas dan penilaian untuk masing-masing peserta didik dibuat beragam namun masih tetap mengacu pada tujuan pembelajaran yang sama. Berikut ini saya mencoba mengilustrasikan penerapan aspek-aspek pembelajaran berdiferensiasi setelah mempelajari topik ini.
- Diferensiasi Konten
- Konten materi disajikan dalam bentuk teks, gambar, grafik, audio atau video.
- Tingkat kesulitan sesuasi dengan kemampuan mereka seperti materi dengan konsep dasar dengan kosakata konkret, materi dengan konsep dasar menuju makna teks dengan kosakata konkret dan abstrak sederhana, materi dengan makna teks dengan kosakata konkret dan abstrak (sedikit) kompleks.
- Diferensiasi Proses
- Peserta didik yang belum memahami materi sama sekali akan mendapatkan pembelajaran eksplisit tentang materi dan guru akan memberikan scaffolding dalam proses ini.
- Peserta didik yang sudah mempunyai sedikit pengetahuan awal tentang materi, mereka akan mengidentifikasi tujuan penulisan, unsur kebahasaan dan struktur text. Guru akan sesekali datang ke kelompok ini untuk memastikan tidak ada miskonsepsi.
- Peserta didik yang mempunyai banyak pengetahuan awal tentang materi, akan mengerjakan soal-soal tantangan.
- Diferensiasi Produk
Peserta didik dapat menghasilkan hasil akhir dalam bentuk dan topik yang sesuai minat dan kemampuan mereka.
- Diferensiasi Lingkungan Belajar
- Peserta didik dapat memilih tempat belajar didalam atau diluar kelas dengan persetujuan guru.
- Peserta didik dapat menentukan denah tempat duduk dikelas.
Â
Demikian yang dapat saya jelaskan mengenai aspek-aspek pembelajaran berdiferensiasi dan ilustrasi penerapannya. Mohon dikoreksi jika terdapat kekurangan. Terimaksih
Â
Â