Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya - Lainnya

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Benarkah "The Horns" Menandakan Tanduk Setan?

10 Januari 2022   20:58 Diperbarui: 11 Januari 2022   05:42 294 50 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Simbol "The horns".| Sumber: Unsplash/Luuk Wouters

Dalam keseharian, dikenal banyak simbol yang terbentuk dari jari tangan, termasuk simbol jari ikonik dalam musik metal atau yang kerap disebut "The Horns."

Saat konser-konser musik metal, simbol jari ini menyeruak, baik dari sang musisi pun kerumunan penonton.

Banyak orang menganggap bahwa simbol jari tersebut mewakili tanduk setan. Ya, musik metal memang selalu didekat-dekatkan dengan setan, iblis, hal-hal kelam, suram maupun jahat, tapi apakah benar the horns mewakili tanduk setan dengan segala hal buruk yang mengikutinya?

Ilustrasi: dreadcentral.com
Ilustrasi: dreadcentral.com

Tersebutlah band occult rock pertama Amerika, Coven yang berdiri tahun 1967. Band ini memang agak ngeri-ngeri sedap di mana album pertama mereka yang berjudul "Witchcraft Destroys Minds & Reaps Souls" berisi lirik-lirik eksplisit yang membahas tentang setanisme dan sihir.

Coven diakui oleh para sejarahwan dan penggemar metal sebagai band yang memperkenalkan the horns. Ya, disampul album debut mereka, dua personil Coven menunjukkan tanda jari yang kini terkait erat dengan musik rock dan metal itu.

Sampul belakang album Coven| sumber: loudwire.com
Sampul belakang album Coven| sumber: loudwire.com
Vokalis Coven, Jinx Dawson kerap tampil dengan membuat simbol the horns dalam konser bandnya dan dibalas oleh para penonton dengan isyarat yang sama sebagai sebuah penghargaan atas pertunjukan band tersebut.

John Lennon, vokalis band legendaris The Beatles memperlihatkan jari tanduknya dalam sampul single "Yellow Submarine" dan "Eleanor Rigby." Simbol jari milik Lennon ini memperlihatkan punggung tangannya alih-alih telapak tangannya. 

The Beatles|Twitter Extreme zine
The Beatles|Twitter Extreme zine
"Yellow Submarine" kemudian dijadikan film animasi oleh animator Ron Champbell. Nah, di film inilah terlihat John Lennon versi animasi membuat lambang tanduk seperti yang dikenal sekarang. Jempol ke dalam dan telapak tangan keluar.

Sampai saat ini tidak dapat dipastikan apa maksud Lennon memperlihatkan gestur tangan tersebut, namun hal ini digadang-gadang menandakan minat Lennon kepada Aleister Crowley di mana pria yang lekat dengan ilmu hitam ini pernah nampang di sampul album "Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club" di antara guru dari India Sri Yukteswar Giri dan bintang Hollywood Mae West.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan