Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kue Kering Bawang Merah Goreng, Camilan Sederhana Namun Mengguncang Lidah

14 Januari 2021   19:18 Diperbarui: 14 Januari 2021   19:26 432 17 8 Mohon Tunggu...

Dulu saat masih bekerja,  saya dan seorang teman kerap keluar kantor untuk berburu makan siang.  Salah satu menu andalan kami adalah ayam goreng serundeng. Nah, tante yang berjualan ayam serundeng itu selalu membubuhkan bawang goreng di atas ayam serundengnya. Teman saya pun protes karena dia anti bawang goreng, katanya membuat bau badannya tak sedap, aih.

Ya, bawang-bawanganan bila dikonsumsi memang kerap kali membuat aroma tak sedap menguar dari tubuh seseorang seperti bau ketek atau bau mulut yang sering disebut bau naga "haaaah."  Kok pada bisa tahu ya bau naga itu gak enak, mungkin dikasih bocoran oleh Charlie Weasley si pawang naga yang hobinya menclok di Rumania, heuheu.

Eh tapi kalau makannya gak satu truk kontainer sih sepertinya aftertaste dan aroma yang ditimbulkannya gak setajam silet.

Ada beberapa cara memusnahkan aroma tak sedap dari mulut ketika mengkonsumsi bawang yaitu dengan menyikat gigi.

Lha kalo bawangnya sudah kadung berbaur dan menerobos aliran darah maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan penangkal bebauan seperti apel, daun mint, dan daun selada.  Makanan tersebut memiliki zat kimia alami yang dapat membasmi aftertaste bawang.

Walaupun menyebabkan bebauan, bawang merah sendiri memiliki kandungan kalori yang rendah yaitu hanya sekitar 11 kalori untuk berat 28 gr.  Vitamin yang paling banyak dikandung bawang merah adalah vitamin C dan B6 sedangkan kromium menjadi mineral yang mendominasi.

Disamping itu bawang merah banyak manfaatnya loh, di antaranya adalah mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, membantu menormalkan kadar gula darah, menurunkan kolesterol, dan memperkuat sistem imun tubuh.

Kini bawang merah tak hanya dijadikan bumbu dapur saja namun bisa disulap menjadi camilan yang siap menemani ritual minum teh di sore hari.  Ya, seperti halnya tempe atau jengkol, bawang merah yang digoreng pun bisa disulap menjadi kue kering.

Bahan yang diperlukan untuk membuat kue kering bawang merah goreng sangat mudah di dapat yaitu :

300 gr tepung terigu
 50 gr gula halus
200 gr minyak goreng

Isian :
Secukupnya bawang merah goreng

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN