Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya - Lainnya

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Nirvana "MTV Unplugged", Pembelotan yang Berakhir Manis

5 November 2020   17:47 Diperbarui: 5 November 2020   17:52 1042 21 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Nirvana "MTV Unplugged", Pembelotan yang Berakhir Manis
Ilustrasi: Culture Sonar

Sebagai penyuka cardigan saya dibuat melongok ketika mengetahui bahwa cardigan hijau milik almarhum dewa grunge, Kurt Cobain laku terjual seharga 4,6 milyar rupiah di rumah lelang Julien's Auctions.  

Ish, cardigan saya mah paling mahal juga harganya 150 ribu doang, ihiks julid.

Ya gimana gak mahal, lha wong Cardigan bolong dan gak pernah dicuci selama beberapa tahun terakhir itu merupakan salah satu saksi bisu kejayaan sang maestro dan bandnya Nirvana yang berpengaruh seantero jagat mayapada.

Setelah cardigan, belum lama ini gitar yang digunakan pria yang suka tampil acak-acakan itu pun ikut dilelang di rumah lelang yang sama.  Gitar Martin D-18E buatan tahun 1959 itu kini berada di pelukan Peter Freedman, pemilik RODE Microphones.  Ia harus mengeluarkan kocek sebesar 83 miliar rupiah untuk menebusnya.

Cardigan dan gitar setelan kiri milik pria bersuara parau itu dipakai ketika ia dan bandnya ber-unplugged ria dalam salah satu program MTV, lima bulan sebelum kematiannya yang tragis.

Sebagai penggemar Pearl Jam saya juga suka lah melihat acara MTV Unplugged-nya Nirvana, eh hihi.  Selain karena nomor-nomor endang yang mereka sajikan pun sebagai pelipur lara karena selalu gak kebagian jam tayangnya Pearl Jam, halah.

Nirvana "MTV Unplugged in New York" akhirnya menjadi sebuah album dan 1 November 1994 menjadi tanggal rilis album yang telah memenangkan penghargaan Grammy Awards untuk "Best Alternative Music Performance" itu. Album ini meraih predikat multi platinum karena sukses terjual lebih dari satu juta kopi.

Album yang masuk ke dalam "The Greatest Albums of All Time" ini adalah salah satu album yang selalu saya dengarkan dari awal hingga akhir.

Nirvana memang biangnya anti kemapanan, berbeda dengan band-band lainnya ketika mengisi program MTV Unplugged, Nirvana nyaris tidak memainkan lagu-lagu hitsnya tapi malah menyisipkan lagu-lagu milik musisi lain seperti The Vaselines, David Bowie, Meat Puppets, dan Lead Belly.  

Wow, Lead Belly sodara-sodara. Iyak, Huddie William Ledbetter yang dikenal dengan nama Lead Belly ini adalah musisi folk-blues legendaris.  Salah satu lagunya yang berjudul "Where Did You Sleep Last Night?" dibawakan dengan sangat menyentuh oleh band asal kota Aberdeen itu.

Sebenarnya nomor ini adalah lagu folk yang entah siapa penulisnya dan merupakan gabungan dari nomor "In The Pines" dan "The Longest Train".  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan