Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Wirausaha

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Bernostalgia bersama Beberapa Lagu Hits Milik Musisi Filipina

15 Januari 2020   20:54 Diperbarui: 15 Januari 2020   21:55 41 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bernostalgia bersama Beberapa Lagu Hits Milik Musisi Filipina
Lea Salonga| Disney.fandom

SEA games baru saja berlalu.  Gelaran kompetisi olah raga antar negara-negara yang bercokol di Asia Tenggara itu menyisakan banyak kontroversi seperti kaldron yang kemahalan, buruknya desain maskot, logistik tim sepakbola yang kacau, venue yang belum siap, poster yang asal-asalan, sampai toilet wanita yang aneh.  Dan semua itu hanya terjadi di Filipima. Ya, negerinya Bapak Rodrigo Duterte itu memanglah tuan rumah ajang SEA games 2019 yang lalu.

Walaupun banyak hal-hal yang agak gimana gitu dalam perhelatan SEA games kemarin namun negara yang salah satu gunung apinya tengah mengalami erupsi itu memiliki kecetaran dalam bidang musik.

Ada beberapa musisi Filipina yang sedikitnya telah memberi saya pengalaman mendengarkan lagu-lagu yang menghanyutkan, di antaranya adalah :

1. Smokey Mountain.  Grup vokal yang digawangi oleh  adalah sebuah  James Coronel, Geneva Cruz, Jeffrey Hidalgo, and Tony Lambino, dibentuk oleh seorang komposer ternama bernama Ryan Cayabyab pada tahun 1989.

Saya mengenal grup ini saat mereka manggung di Surabaya pada perhelatan  Asean Song Festival yang ke-5 dan disiarkan melalui saluran televisi nasional kita tercinta alias TVRI . Saat itu saya sangat terpukau dengan kekompakan dan suara dari empat anak muda unyu-unyu tersebut.  

Beberapa lagu mereka sempat mencetak hits seperti "Better World", "Kailan", "I Believe in You", dan "Mama", namun lagu favorit saya adalah yang bertajuk "Can This  Be Love."  Nomor ini sempat dinyanyikan ulang oleh solois Filipina, Sarah Gerenimo

Smokey Mountain dalam tahun aktifnya mengalami tiga kali perubahan line up. Grup yang pada tahun 2011 silam melakukan reuni dalam rangka konser amal ini telah banyak mendapatkan penghargaan di antaranya pada acara Tokyo Music Festival dan Golden Kite Festival.

2. Lea Salonga.  Musisi dan aktris wanita asal Filipina satu ini memiliki segudang prestasi yang mencengangkan.  Istri dari seorang pengusaha bernama Robert Charles Chien ini adalah spesialis pengisi vokal untuk bagian nyanyi-nyanyinya Jasmine di film Aladin dan Fa Mulan di film Mulan yang diproduksi oleh perusahaan film ternama, Disney.  Salonga menjadi wanita Asia pertama yang berhak mendapatkan  Tony Award karena prestasinya di panggung Broadway.

Warna vokalnya yang khas telah membawa wanita kelahiran 22 Februari 1971 ini sukses malang melintang di dunia musik mancanegara.  Salah satu lagu hitsnya dan menjadi lagu favorir saya adalah "We Could Be In Love" berduet dengan Brad Kane. Pasangan duet ini pun membawakan nomor "A Whole New World" yang merupakan lagu tema film Aladin.

3. Maribeth.  Bagi penikmat musik 90-an, siapa sih yang gak kenal dengan Mbak Maribeth ini.  Penyanyi asal Filipina yang mengawali karirnya di ajang Voice of Asia itu sangat terkenal dengan lagunya yang bertajuk "Denpasar Moon".  

Wanita yang selama 22 tahun tinggal di Indonesia dan berjuang mati-matian demi status kewarganegaraan Indonesia ini telah merilis 6 album. Selain Denpasar Moon, dua singlenya yang sempat mencetak hits adalah "Born to Sing" dan "Borobudur".

4. Jose Mari Chan.  Pria yang juga berprofesi sebagai seorang pengusaha ini memiliki suara yang sangat empuk, nyus ...nyus...
Ia mengawali karir bermusiknya dengan menjadi host dan penyanyi di acara  "9 teeners" di saluran televisi ABS-CBN. 

Pria yang kini berusia 74 tahun ini telah menelurkan 15 album.  Dua lagunya yang paling berkesan di telinga saya adalah "Beautiful Girl" dan "Please Be Careful With My Heart.

5.  Rivermaya. Band ini adalah satu-satunya band rock Filipina yang saya dengarkan beberapa lagunya.  Band yang kini beranggotakan Mark Escueta, Mike Elgar, dan Nathan Azarcon ini berdiri pada tahun 1993.  

Di dalam negeri mereka meraih kesuksesan semenjak album pertama mereka yang berjudul "Rivermaya" rilis namun kesuksesan secara internasional mereka dapatkan di sekitar tahun 2005 di mana mereka memenangkan penghargaan sebagai artis Filipina terbaik versi MTV Asia.  

Lagu yang paling saya sukai dari band yang telah merilis 12 album ini adalah "You'll Be Safe Here".

Sekian.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x