Mohon tunggu...
Ika Rahmawati
Ika Rahmawati Mohon Tunggu... -

-

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN UNS Era Pandemi sebagai Bentuk Partisipasi Mahasiswa dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19

16 Juli 2020   22:18 Diperbarui: 16 Juli 2020   22:08 95 0 0 Mohon Tunggu...

(Sukoharjo, 17 Juli 2020) Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai salah satu univeritas negeri di Indonesia menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di masa pandemi Covid-19. KKN era Covid-19 merupakan program pengabdian mahasiswa UNS terhadap masyarakat Indonesia serta bentuk partisipasi mahasiswa UNS dalam meminimalisir penyebaran Covid-19. Diharapkan dengan program KKN era Covid-19 ini masyarkat akan lebih paham dan siap menghadapi situasi pandemi.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, KKN UNS era Covid-19 dilaksanakan secara individu dan di wilayah domisili masing-masing mahasiswa. Salah satu mahasiswa UNS Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian, Ika Rahmawati (H0817042) melaksanakan kegiatan KKN di Jati RT 06 RW 04, Cemani, Grogol, Sukoharjo. Kegiatan KKN ini dilaksanakan selama 45 hari, yaitu pada tanggal 3 Juni-17 Juli 2020 dibawah bimbingan Ibu Nindyah Widyamurti S.Sn., M.IKom.

Kegiatan KKN dilakukan dengan mengusung tema besar "Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19". Terdapat beberapa program kerja yang dilaksanakan diantaranya adalah edukasi tentang Covid-19, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta program kerja tambahan yaitu penguatan ketahanan pangan di masa pandemi.

Edukasi pemahan Covid-19 dilakukan secara online dan offline. Sosialisasi secara online dilakukan dengan menggunakan poster yang dibagikan melalui instagram atau WhatsApp. Beberapa materi yang disampaikan yaitu mengenai pencegahan dan penularan Covid-19, persiapan new normal, cara membuat, mencuci, dan memakai masker kain, serta beberapa protokol kesehatan yang harus dilakukan. Salah satu kegiatan lainnya adalah melatih anak-anak membuat face shield

dokpri
dokpri
Program kerja PHBS dilakukan dengan memberikan edukasi tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut WHO. Program kerja ini dilaksanakan dengan membuat poster, pembuatan tempat cuci tangan, serta melatih anak-anak tentang cara mencuci tangan yang benar.

Program kerja tambahan sebagai bentuk penguatan ketahanan pangan di masa pandemi dilakukan dengan edukasi masyarakat untuk mulai menanam tanaman sayur, salah satunya dengan pembuatan vertical garden. Vertical garden dianggap lebih cocok dan praktis diterapkan di Kota karena tidak memakan banyak ruang.

VIDEO PILIHAN