Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Belajar Bahasa Arab bagi Penghafal Al Quran

22 Januari 2021   09:24 Diperbarui: 22 Januari 2021   09:28 146 0 0 Mohon Tunggu...

Menjadi Hafidz atau Hafidzoh Al-Qur'an bukanlah perkara yang mudah. Tapi banyak juga yang sudah memulai belajar menghafal Al-Qur'an. Selain hafal kamu juga harus memahami apa isi dari ayat-ayat yang terkandung di dalamnya kemudian diamalkan. Tentu kamu harus mahir berbahasa Arab karena Al-Qur'an menggunakan bahasa Arab. Maka dari itu kamu harus tau  pentingnya belajar bahasa Arab bagi penghafal Al-Qur'an.

Al-Qur'an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril secara mutawatir diawali dari surat al-fatihah dan diakhiri surat An-nas dan membacanya merupakan ibadah. Al-Qur'an merupakan faktir yang mendasari berkembangnya ilmu grammatikal bahasa Arab seperti nahwu, shorof, balaghoh.  Al-Qur'an tidak bisa dipahami ketika kita tidak mahir berbahasa Arab.

Bagi kamu yang sedang belajar menghafal Al-Qur'an wajib banget belajar bahasa Arab dan mengetahui pentingnya belajar bahasa Arab:

Pertama, membantu menghafal Al-Qur'an lebih mudah. Memiliki kemampuan bahasa Arab akan membantu kamu yang sedang menghafal Al-Qur'an. Karena pada saat kamu menghafal ayat-ayat Al-Qur'an akan terbayang kisah dari ayat yang dihafalkan. Sehingga kamu dapat memahami kandungan ayat tersebut. Ketika kamu lupa terhadap ayat yang kamu hafalkan kemungkinan besarbkamu akan ingat kembali lafadz ayat tersebut.

Kedua, Membantu mengerti dan memahami makna dari ayat Al-Qur'an. Jika kamu memiliki kemampuan bahasa Arab akan membantu kamu dalam memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur'an sehingga mempermudah kamu menerapkanya dalam hidup sehari-hari. Karena dalam mempelajari Al-Qur'an bukan sekedar menghafal ataupun mengetahui isi kandungannya tapi kamu perlu menerapkannya.


Ketiga, Memahami bahasa Arab tidak akan tersesat dalam bacaannya. Ketika kamu memahami bahasa Arab kamu akan mudah mengenali akhir bacaan  pada  ayat dengan melihat ayat sebelumnya. Karena di dalam bahasa Arab ada ilmu yang disebut ilmu Nahwu yang didalamnya mempelajari bacaan akhir pada suatu kalimat.

Jadi, jangan lupa untuk belajar bahasa Arab yah. mengingat pentingnya belajar Bahasa Arab bagi penghafal Al Quran. Karena menghafal Al-Qur'an harus dilakulan secara terus mrenerus dengan semangat yang tangguh. Karena tidak dipungkiri rasa bosan tetap akan muncul.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x