Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Belajar dari Rumah Saja, Kelas Online Menjadi Solusi

15 Oktober 2020   12:03 Diperbarui: 15 Oktober 2020   12:05 347 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar dari Rumah Saja, Kelas Online Menjadi Solusi
onlineeee-5f87d7908ede487da41c96f2.jpg

Pada masa pandemi seperti ini, banyak kelas diliburkan dan diganti dengan kelas belajar online dengan metode belajar jarak jauh. Kekhawatiran pemerinta terhadap penyebaran virus corona memang sangat beralasan, hal ini diakibatkan oleh meningkatnya jumlah kasus penyebaran virus corona yang memakan banyak korban.

Himbauan untuk tetap dirumah saja mempengaruhi pola pembelajaran siswa oleh pihak sekolah. Keharusan untuk memiliki smartphone demi untuk mengikuti pembelajaran di sekolah telah dirasakan banyak siswa. Kebutuhan lain seperti paket internet pun menjadi salah satu penghambat siswa dengan ekonomi rendah dalam mengikuti pembelajaran. Sementara itu disisi lain pembelajaran online juga memiliki metode yang berbeda dari pembelajaran face to face saat di lingkungan sekolah.

Bagaimana dengan kelas online sebagai media pembelajaran di masa pandemi? Kelas online memerlukan pengajar yang profesional dan metode belajar yang tepat. Selain itu perlu ada intensitas belajar yang lebih untuk mendapatkan tingkat pemahaman yang diharapkan. Sejak awall tahun 2020 lalu, dunia memang telah diuji dengan adanya virus yang menyebar ke penjuru dunia.

Covid-19  telah menginveksi banyak orang dan merenggut banyak korban. Akibatnya bidang kesehatan, perekonomian, industri, hingga pendidikan di dunia berada pada titik terendah. Banyak orang yang terpaksa untuk menunda kepergian dan mengurungkan pendidikan luar negeri demi mencegah penyebaran virus corona. 


Sementara di sisi lain kelas online yang digadang-gadang bisa menjadi solusi pendidikan di masa pandemi rupaya memiliki beberapa masalah seperti tingkat pemahaman siswa yang minim, banyaknya siswa yang kesulitan dalam membeli smartphone, paket internet yang mahal, hingga metode belajar online yang membingungkan. Bukan hanya itu, banyaknya anak yang masih buta teknologi juga memiliki kesulitan dalam  memahami tata cara penggunaan smartphone, terutama murid SD yang ada di desa yang ada di pelosok. Sehingga diperlukan bimbingan dari orang tua untuk mempelajari tata cara penggunaan smartphone.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x