Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... Freelancer - IT student in Darul Ulum University, Jombang
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Orangtua sebagai Guru Terbaik

15 Juli 2020   18:04 Diperbarui: 15 Juli 2020   18:03 1719 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
www.thejakartapost.com

Menjadi orang tua bukan hanya soal memberikan materi saja namun juga memberikan waktu luangnya untuk sekedar menemani si kecil belajar untuk meambah semangat si kecil dalam menuntut ilmu. Terlebih lagi jika orang tua yang secara langsung memberikan pembelajaran kepada si kecil. Orang tua merupakan guru terbaik bagi anak. Tak akan rui bagi orang tua untuk meluangkan sedikit waktunya agar bisa bersama anak lebih lama. Pendidikan anak sangat penting untuk masa depan dan orang tua memiliki kewajiban untuk mendukung pendidikan anak hingga merai kesuksesan. Apakah yang bisa dilakukan orang tua untuk anaknya?

Orang tua yang baik akan memberikan waktu luangnya untuk family  time dan menemani anak dalam mengeksplore lingkungan sekitar. Anak yang ditemani oleh orang tuanya memiliki kecenderungan lebih aktif dan bersemangat. Dengan adanya dukungan secara mental. akan membangun kepercayaan diri pada anak untuk terus bergerak dan berkreasi. Untuk menjadi orang tua yang baik memang tidak diharuskan agar selalu ada di samping anak, namun tentu saja harus ada waktu bersama anak untuk mendukung pengembangan kreatifitas anak.


Kini di masa modern ini banyak orang tua yang terlalu sibuk bekerja dengan alasan untuk menafkahi anak, padahal yang diperlukan anak bukan hanya sekedar nafkah materi namun juga perlu dukungan mental dengan meyisihkan sebagian waktu berharga orang tua untuk mendampingi tumbuh kembang anak, masa emas anak adalah ketika masih pertumbuhan menuju remaja. Sangat penting bagiorangtua untuk memberikan pendampingan ekstra agar dapat memberikan aura positif bagi anak. Salah satu pendampingan yang tak kalah penting adalah di masa pandemi ini. Sekolah yang diliburkan membuat anak merasa sendirian, disini peran orang tua sangat diperlukan. Entah dengan mendampingi kelas online ataupun belajar sendiri di rumah. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan