Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

7 Kunci Sukses Seleksi Beasiswa Timur Tengah

16 Januari 2020   10:24 Diperbarui: 16 Januari 2020   10:45 129 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Kunci Sukses Seleksi Beasiswa Timur Tengah
Dok. AL Azhar

Melanjutkan study ke negara Timur Tengah memang menjadi impian besar bagi banyak orang. Apalagi jika mendapatkan study lanjutan tanpa biaya karena telah ditanggung oleh beasiswa. Negara-negara Timur Tengah dengan universitas terbaik antara lain Universitas Kairo, Universitas Al Azhar Mesir, National Defense University Turki,  zyein University Turki, Hatay Mustafa Kemal University Turki, Istanbul Aydn University Turki, Islamic Azad University of Arak  Iran, Shahrood University of Technology Iran, Universitas Umm-Al-Qura Makkah Arab Saudi, Universitas Taibah Madinah Arab Saudi, Misr University For Science And Technology, Misr International University , dan banyak lagi lainnya. Namun seperti yang telah dikethui bahwa untuk bisa lolos seleksi beasiswa Timur Tengah maka diperlukan persiapan yang sangat matang dan penguasaan bahasa Arab yang memadahi. Oleh karena itu admin menuliskan 7 kunci sukses seleksi beasiswa Timur Tengah berikut ini:

1. Persiapkan Persyaratan Pendafataran Sejak Jauh Hari

Pendaftaran beasiswa Timur Tengah umumnya dibuka pada awal tahun hingga bulan Mei, jadi berkas persyaratan harus disiapkan jauh hari sebelum itu. Berbagai berkas seperti sertifikat TOEFL dan TOAFL biasanya perlu disiapkan jauh haru sebelum pendaftaran karena memerlukan waktu untuk melakukan test dan menunggu hasil test keluar. Selain itu nilai sekolah juga akan mempengaruhi proses seleksi akademisi di awal pengecean berkas. Semakin baik nilai pada raport maka semakin besar kesempatan lolos seleksi. 

2. Dapatkan Score TOEFL dan TOAFL yang baik

Tidak dipungkiri bahwa test TOEFL dan test TOAFL sangat mempengaruhi hasil seleksi beasiswa. Maka persiapan test harus dilakukan secara matang dengan mempelajari test TOEFL dan TOAFL tahun tahun sebelumnya atau dengan menjalani kursus guna memprediksi soal yang akan keluar pada saat test dilaksanakan. Ingat bahwa poin ini harus dipersiapkan jauh hari bahwa sebelum pendaftaran dibuka karena akan memakan cukup banyak waktu belajar agar mendapatkan hasil yang baik. 

Dok. AL Azhar
Dok. AL Azhar
3. Mendaftar pada Universitas yang tepat

Poin penting yang tidak boleh anda lewatkan adalah dalam pemilihan universitas. Sesuaikan pada kemampuan masing-masing, jika memang dirasa mampu maka daftarlah di universitas terkemuka dengan peringkat yang tinggi pada jurusan yang sesuai dengan minat. Namun jika memang belum percaya diri dengan kemampuan diri maka sebaiknya mencari universitas dengan rasio pesaing yang lebih kecil, sehingga kesempatan lolos lebih besar. Ini dapat sangat fatal maka berhati-hatilah dalam memilih unversitas dan fakultas.

4. Kursus Bahasa Asing

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dalam test TOEFL dan TOAFL maka diperlukan latihan dan bimbingan belajar. Mengikuti kursus akan menjadi pilihan paling efektif untuk mempelajari bahasa Inggris dan bahasa Arab. Pastikan bahwa lembaga kursus yang dipilih memiliki kualitas yang bagus dengan pengajar yang profesional. Lembaga kursus yang direkomendasikan adalah Al Azhar Arabic and English Academy yaitu lembaga kursus yang ada di kawasa Kampung Inggris Pare sekaligus sebagai pencetus Kampung Arab Pare. Info lebih lanjut dapat dilihat melalui instagram resminya yaitu @kampung_inggris_alazhar atau @kursus_arab_alazhar.


5. Menjaga Kesehatan

Kesehatan adalah hal  yang sangat penting, terutama menjelang seleksi beasiswa. Ketika kesehatan memburuk, peserta seleksi bahkan bisa didiskualifikasi karena alasan kesehatan dan keselamatan. Maka kesehatan sangatlah penting sebagai kunci lolos seleksi beasiswa Timur Tengah ini.  Kesehatan juga mempengaruhi kinerja otak saat mejalani test seleksi beasiswa, sehingga sangat penting untuk memakan makanan dengan gizi yang cukup untuk memaksimalkan kinerja otak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN