Mohon tunggu...
Ika FitriaNurwulan
Ika FitriaNurwulan Mohon Tunggu... Mahasiswa - belajar menulis

gpp

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kajian dan Diskusi Online Tema Islam, Kesehatan, dan Komunikasi Lingkungan

17 September 2021   00:34 Diperbarui: 17 September 2021   00:49 63 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kajian dan Diskusi Online Tema Islam, Kesehatan, dan Komunikasi Lingkungan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

BANJARMASIN- Pandemi covid-19 bukanlah sebuah alasan untuk tidak melakukan kajian dan diskusi tentang islam. Sebelum adanya covid-19 kegiatan kajian dan diskusi biasanya dilakukan secara tatap muka atau secara langsung. 

Akan tetapi dengan situasi dan kondisi sekarang yang serba dirumah aja, dan dilarang berkerumun atau berkumpul dengan banyak orang, membuat kegiatan kajian dan diskusi tidak dapat kita lakukan secara langsung atau tatap muka.

Walaupun kegiatan kajian dan diskusi tersebut tidak dapat kita lakukan secara langsung. Akan tetapi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan komunikasi membuat kegiatan kajian tersebut dapat kita selenggarakan dengan melibatkan banyak orang.

Pada jumat 10 September 2021 lalu telah berlangsung kegiatan kajian dan diskusi online dengan mengangkat tema Islam, kesehatan, dan Komunikasi Lingkungan.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat dari Tim Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat, yaitu tim Ibu Astinana Yuliarti, S.S.,M.Ikom dan Bapak Dr. Siswanto Rawali, S.Sos.,M.Si. bekerja sama dengan Remaja Masjid Al-Jadid yang terletak di Kelurahan Antasan Kecil Timur, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam kajian tersebut membahas kaitannya antara komunikasi lingkungan, kesehatan dengan islam. 

Kesehatan harus kita jaga, tidak hanya kesehatan jasmani atau fisik saja akan tetapi kesehatan rohani atau kalbu kita. Apalagi dengan kondisi pandemi seperti sekarang, kita harus selalu menjaga kesehatan dan tidak lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. 

Berbeda dengan kesehatan jasmani yang dapat kita jaga dengan menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita, kesehatan rohani dapat kita jaga dengan selalu menjalankan kewajiban kita sebagai muslim. Yaitu Syahadat, Shalat, Puasa, Zakat dan Menunaikan Ibadah Haji (bila mampu).

Alam dan lingkungan tempat kita tinggal seharusnya kita jaga. Komunikasi lingkungan memanfaatkan teknologi dengan membagikan teori dan informasi terkait bagaimana menjaga lingkungan tempat kita tinggal. 

Dengan begitu diharapkan kita dapat membuat kesadaran bersama akan pentingnya menjaga lingkungan. 

Dikutip dari Al-Quran Surah Ar-Rum ayat 41

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan