Mohon tunggu...
Iis Suwartini
Iis Suwartini Mohon Tunggu... Dosen PBSI FKIP Universitas Ahmad Dahlan

Iis Suwartini merupakan dosen di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sejak tahun 2014. Mengajar pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Saat ini sedang menempuh studi S3 pada jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Sebelas Maret (UNS). Penulis aktif menulis kolom opini, cerpen, cerita sejarah dan cerita misteri di beberapa koran.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Mangut Lele Sambal Bledek

26 April 2021   23:24 Diperbarui: 26 April 2021   23:53 368 30 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mangut Lele Sambal Bledek
Dokumen pribadi

Mangut lele sambal bledek merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta yang cukup terkenal di mata pecinta kuliner. Mangut Lele merupakan masakan bersantan dengan kuah pedas yang membara. Terdapat puluhan cabe yang berenang di kuah santan yang panas. Belum cukup dengan sensasi kuah pedas,  Anda dapat menambahkan sambel bledek dengan taburan acar. Sudah dapat dibayangkan bukan betapa menggodanya makanan ini. Untuk para pecinta pedas, kuliner satu ini wajib jadi buruan.

Jika anda ingin mencicipi makanan tersebut  Anda tidak perlu repot-repot datang ke Yogyakarta. Menu tersebut dapat kita buat sendiri di rumah. Harganya pun cukup terjangkau dan mudah dibuat. Anda tidak perlu khawatir tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya

Untuk membuat menu mangut lele sambal bledek Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah anda menyukai pedas. Jika Anda tidak menyukai pedas maka tidak perlu menambahkan cabai rawit pada kuah santan. Meskipun sesungguhnya cabai rawit menjadi hal yang wajib pada mangut lele Anda tidak perlu kuawatir tanpa cabai pun rasanya sudah nikmat. Terdapat sensasi rasa gurih dan sedikit manis.

Sebelum membuatnya anda perlu menyiapkan 1 kg ikan lele, I buah jeruk nipis, 1 sendok makan garam, 20 cabai rawit merah, 3 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, I buah lengkuas di memarkan, I buah jahe dimemarkan, 1 batang serai di memarkan, garam sesuai selera, 2 butir gula jawa, 1 buah santan kelapa, 6 buah bawang merah, 6 buah bawang putih, 2 buah tomat, dan kemangi.

Berikut ini cara membuatnya: (1) marinasi lele  terlebih dahulu  selama 15 menit dengan bumbu yang sudah dihaluskan ( 3buah bawang putih, dua sendok  makan garam,  1 sendok teh ketumbar,  1 buah jeruk nipis), (2) lele dapat digoreng atau di bakar  sesuai selera, agar lebih enak biasanya dibakar terlebih dahulu (di Yogyakarta banyak yang menjual lele dalam keadaan sudah di bakar), (3) tumis bumbu hingga harum (6 buah bawang merah, 3 buah bawang putih, dan cabai), (4) setelah harum masukan air santan beserta  rempah-rempah (jahe, lengkuas, batang serai, daun jeruk nipis), (5)  setelah kuah agak panas masukan garam dan gula jawa, (6) langkah terakhir masukan lele beserta cabe rawit dan kemangi, angkat lalu taburi dengan bawang goreng dan hias dengan tomat yang sudah diris, (7) mangut lele pun siap dihidangkan.

Untuk membuat sambel bledek sendiri sebagai berikut (1) Anda perlu menyiapkan 10 cabai hijau, 10 cabai merah, 10 cabai rawit, 2 tomat merah, 2 siung bawang merah, dan 2 siung bawang putih. (2) rebuslah bumbu tersebut kemudian tiriskan lalu di ulek, (3) beri garam secukupnya dan tambahkan terasi bakar. Sambel bledek pun siap dihidangkan. Bagaimana mudah bukan? makanan khas Yogyakarta  kini tersaji di rumah Anda. Selamat mencoba semoga berhasil.

VIDEO PILIHAN