Mohon tunggu...
Iip  Syarip Hidayat
Iip Syarip Hidayat Mohon Tunggu... Seorang guru pembelajar

Belajar dan terus belajar, Menulis merupakan sebuah Hobby. email :iipsyarip1@gmail.com Fb. Iip Syarip Hidayat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Strategi Menghadapi Tes Menjadi Guru Sekolah Indonesia Luar Negeri

12 November 2020   07:46 Diperbarui: 12 November 2020   07:55 453 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Strategi Menghadapi Tes Menjadi Guru Sekolah Indonesia Luar Negeri
sumber foto : https://www.facebook.com/kbridenhaag.belanda/

Oleh : Iip Syarip Hidayat, S.Pd. ( Guru Sekolah Indonesia Kota Kinabalu 2016 ) 

Ada sekitar kurang lebih 14 sekolah Indonesia yang berada di luar negeri, mulai dari PAUD sampai SMA dan SMK. Sekolah Indonesia luar negeri (SILN) hampir setiap tahun akan menyeleksi  guru baru dan juga kepala Sekolah dari seluruh Indonesia. Tentunya melaui seleksi yang cukup  ketat. Mulai dari seleksi administrasi sampai tahap akhir.  

Lantas bagaimana dengan sistem penggajihannya ?

Jangan khawatir ini di bayar langsung oleh kemdikbud bagian Biro PKLN dan  jangan ditanya berapa, karena sudah pasti yang ditugaskan ke Luar Negeri pasti berbeda dengan di dalam negeri. 

Khusus untuk SILN ini diberikan gaji sebesar $ 1800 atau setara dengan 25 juta. Wow cukup besarkan ?  Makanya selesksinya pun cukup tidak sembarangan. 

Karena  untuk guru yang ditugaskan ke Luar negeri sistem penggajihanya menyesuaikan nilai mata uang negera tersebut.  Untuk PNS gaji PNS tetap dibayarkan dan tunjangan sertifikasi tetap cair. 

Terdapat dua jalur pendaftran untuk bisa mengikuti tes guru sekolah Indoensia luar negeri, yaitu pertama melalui kemdikbud bekerjasama melaui biro PKLN (Pendidikan kementerian luar negeri) yang sasarannya yang 14 negara tadi. 

Kedua melaui kemdikbud yang bekerjasama dengan  Universitas yang di tunjuk oleh kemdikbud seperti  UPI, UNESA, Dan UNES. Namun alternatif kedua ini nantinya akan ditempatkan khusus wilayah malaysia. 

Biasanya para guru PNS otomatis di Sekolah Indoensia Kota kinabalu dan yang non PNS di tempatkan di sekolah -- sekolah CLC (Comunity learing center) yang berada di wilayah sabah malaysia. 

Untuk yang ini agak sedikit berbeda, karena ini dibiayai oleh GTK Kemdikbud jadi agak sedikit lebih rendah yaitu sekitar 19 jutaan / tahun 2018. Tapi lumayan jika dibandingkan dengan honor di Indonesia.

Berikut beberpa strategi agar bisa lolos seleksi guru SILN

  • Pantau terus informasi yang bisa di lihat dari www.kemdikbud.go.id  lalu buka portal SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri) biasnya pengumuman seleksi guru sekolah indonesia akan di umunkan melalui web tersebut. ikuti terus inforamsinya jangan sampai terlewatkan karena deadlinenya hanya beberapa minggu dari pengumuman di web tersebut.
  • Siapkan CV  (Curicullum Vitae) semenarik mungkin agar lebi terlihat berbeda dari yang lain adn menjadi perhatian panitia  seleksi. Bila perlu menggunakan bahasa Inggris. Buat desain yang unik dan  berbeda dari CV kebanyakan.
  • Semua berkas dikirim melalui email, jadi kita harus terbiasa menggunakan surat elektronik tersebut.
  • Siapkan tulisan berupa Essai tentang motivasi kita menjadi guru sekolah Indoensia luar negeri.
  • Siapkan mental untuk menghadapi berbagai macam tes yang harus dilalui seperti :
  • Tes potensi akademik yang terdiri dari 100 soal. Tes seperti ini biasa kita hadapi ketika mengikuti tes -- tes yang lain seperti tes masuk perguruan tinggi dan sebaginya.  Usahakan semua soal dijawab dan dikerjakan dengan tenang membaca bismillah setiap soalnya  karena biaasnya ketika menghadapi ujian kita mengalami kecemasan. Paling tidak dengan membaca bismillah membuat kita lebih tenang.
  • Tes kepribadian Psikologi 
  • Baiasanya ada dua jenis tes yang di pakai dalam tes ini yaitu bisa beruap pertanyaan yang jawabanyanya iya atau tida dan yang ke dua adalah Tree test   yang digunakan untuk melihat strukur kepribadian Iq, Ego, dan Super Ego. Test ini berhubungan dengan Impuls yang ada di dalam diri individu, serta bagaimana individu mampu untuk mengendalikan impuls tersebut. Peserta diminta untuk menggambar pohon yang berkambium. Pohon berkambium ini merupakan representasi dari seberapa kokohnya individu dalam mengendalikan impuls dan mengontrol dirinya sendiri. biasnaya kita diminta untuk menggambarkan pohon dan Manusia.  Untuk lebih jelas bisak kita lihat di www.psikoma.com
  • Tes IELTS atau TOEFL tes ini menguji kemampuan dalam bahasa Inggris. Agar kita bisa menaklukan soal -- soal IELTS ini baiknya kita terus berlatih jauh -- jauh hari sebelum tes ini. Ada banyak buku yang menjual tentang tes IELTS dan TOEFL ini baik di gramedia maupun toko online atau kita bisa buka contoh -- contonya di you tube
  • Tes mengajar / microteaching, tes ini menguji kemmapuan kita dalam mengajar. Maka baiknya kita persiapkan materi, metode, alat peraga  dan rencana pembelajaran semenarik mungkin agar ketika melakukan microteaching kita sudah siap dan lebih percaya diri tentunya dengan menggunakan bahasa Inggris. Meprkenalkan
  • Tes wawancara.
  • Biasanya dalam tes wawancara ini kita harus memperkenalkan diri, menyebutkan motivasi dan kelebihan serta kekurangan kita. yakin pada pewawancara bahwa kita mampu dan siap untuk menjadi guru sekolah Indoensia luar negeri.  Akan lebih bagus menggunakan bahasa inggris.
  • Siapkan salah satu kelebihan kita selain mengajar, apakah itu bidang seni, olah raga, menulis, dan lainya.
  • Perlihatkan kepercayaan diri kita bahwa kita memag layak untuk menjadi Guru Indonesia Luar Negeri.
  • Berdoa dan memohon restu dari keluarga baik istri, suami, ibu dan bapak

~~~~Selamat Mencoba~~~~

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x