Mohon tunggu...
IIN INAYAH
IIN INAYAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

11

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Baru di TKN RA Kartini Melalui Lomba Mewarnai oleh Mahasiswa UPI

27 Juli 2021   12:37 Diperbarui: 27 Juli 2021   13:49 66 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Baru di TKN RA Kartini Melalui Lomba Mewarnai oleh Mahasiswa UPI
Sumber: Dokpri 

Universitas Pendidikan Indonesia dikenal sebagai perguruan tinggi yang berada di wilayah Jawa Barat dan Banten  berkontribusi dalam menanggulangi dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi yaitu dengan mengadakan kegiatan KKN TEMATIK MDBPE-MBKM guna membangun desa melalui bidang pendidikan serta ekonomi, yang dilaksanakan selama bulan Juli.

Untuk memaksimalkan kegiatan KKN TEMATIK ini UPI mempunyai dua tema yakni membangun desa melalui bidang pendidikan dan membangun desa melalui peningkatan ekonomi masyarakat, yang masing-masing tema memiliki program kerja yang harus dipenuhi pada setiap mahasiswa nya. Untuk Kegiatan di bidang pendidikan difokuskan pada sekolah-sekolah yang terdampak Covid-19 yang berada di masing-masing domisili mahasiswa. Sedangkan kegiatan di bidang ekonomi difokuskan juga pada UMKM yang terdampak Covid-19.

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang cukup terdampak wabah virus Covid-19, oleh karena itu pemerintah mewajibkan di semua jenjang sekolah yaitu PAUD, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran secara daring sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Meskipun demikian pendidikan harus tetap berjalan karena pendidikan merupakan memegang peranan yang sangat penting di dalam meningkatkan sumber daya manusia yang handal.

Oleh karena itu seorang mahasiswa UPI yaitu Iin Inayah yang sedang melaksanakan KKN TEMATIK 2021 memilih tema di bidang pendidikan dan bekerjasama dengan TKN RA Kartini untuk melaksanakan program kerja yang harus dilaksanakan secara daring. Program kerja yang akan dilaksanakan salah satunya yaitu pendampingan pembelajaran daring siswa, dikarenakan di TKN RA Kartini sedang berlangsung MPLS atau masa pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru oleh karna itu kegiatan pendampingan pembelajaran daring siswa yang akan dilaksanakan yaitu upaya meningkatkan semangat belajar siswa baru di TKN RA KARTINI melalui lomba mewarnai yang dilaksanakan secara daring melalui Whatsapp Group di rumah masing-masing siswa.

 Untuk teknis perlombaan disampaikan di Whatsapp Group TKN RA Kartini oleh Kepala Sekolah TKN RA Kartini, salah satu teknisnya yaitu anak dapat mengirimkan video atau foto hasil mewarnai yang dilakukan oleh anak didampingi oleh orangtua masing-masing di rumah, kemudian setelah semuanya mengumpulkan mahasiswa dan guru akan memberikan sebuah hadiah kepada anak yang sudah mengikuti lomba mewarnai sebagai bentuk reward agar anak tetap semangat dalam melaksanakan pembelajaran daring.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN