Mohon tunggu...
Ifrodatunnisa
Ifrodatunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Chemistry

hello everyone

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kandungan Air Kelapa yang Dipercaya Mampu Menangkal Covid-19

5 Desember 2021   11:25 Diperbarui: 5 Desember 2021   12:02 30 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada saat ini kasus pandemic covid-19 sedang melonjak, hampir semua orang membutuhkan asupan yang memiliki kandungan baik untuk dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, salah satunya yang dipercayai ini adalah air kelapa. Air kelapa dipercaya mampu untuk meningkatakan imunitas tubuh dan dapat mencegah virus.


Berdasarkan survey di lapangan, penulis menemukan peningkatan daya tarik konsumen terhadap air kelapa. Para penjual es kelapa muda selalu dipenuhi konsumen, namun yang menjadi incaran bukan es kelapa muda lagi, melainkan hanya air kelapa muda saja dan ini berhubungan erat dengan kepercayaan masyarakat terhadap air kelapa yang dipercaya dapat menangkal virus covid-19, padahal pada kenyataannya tidak demkian, hanya saja air kelapa ini memiliki kandungan yang baik seperti antioksidan yang dapat membantu menjaga imunitas tubuh dan menangkal radikal bebas.


Air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Air kelapa memiliki lebih sedikit kalori, lebih sedikit natrium, dan lebih banyak kalium daripada minuman olahraga. Menurut penelitian, air kelapa diperkirakan memiliki kandungan kurang lebih 95% Air, 5,45 kalori, 1,3 gram gula, 61 miligram kalium, dan 5,45 miligram natrium. Kandungan kalium pada air kelapa juga dapat membuat pembuluh darah lebih elastis sehingga melancarkan peredaran darah. Sedangkan Natrium mampu menurunkan kadar gula darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Dalam satu gelas air kelapa juga mengandung 252 miligram sodium.


Air kelapa juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, Antioksidan adalah senyawa penting yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas ini dapat berasal dari polusi lingkungan seperti rokok, racun, asap, produk pengawet makanan, atau stres. Berdasarkan Studi dalam jurnal Anais da Academia Brasileira de Cincias menyatakan bahwa air kelapa dapat memberikan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.


Dr Tirta juga menjelaskan manfaat air kelapa bukan sebagai penangkal Covid-19, melainkan mengganti cairan tubuh yang hilang.
"Air kelapa itu biar tubuh enggak dehidrasi sehingga kondisi fisik ketika kena Covid-19 kebutuhan airnya tercukupi supaya proses penyembuhan bisa maksimal. Bukan air kelapa bunuh Covid-19," jelasnya.
Air kelapa baik dikonsumsi untuk  memenuhi kebutuhan cairan agar tubuh tetap terhidrasi. Menangkal virus tidak hanya dengan minum air kelapa, tetapi harus disertai dengan kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan diri serta lingkungan, mematuhi protokol kesehatan, senantiasa beribadah dan berdoa agar Allah senantiasa melindungi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan