Mohon tunggu...
Ifa Hikmah
Ifa Hikmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Salah satu mahasiswa di Semarang yang suka dengan membaca, menulis, dan tertarik dengan desain.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Sidang Skripsi Menjadi Momok Menakutkan bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

2 Desember 2022   12:55 Diperbarui: 2 Desember 2022   13:02 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: unsplash.com

Detik-detik menuju sidang skripsi adalah waktu yang amat mendebarkan bagi kebanyakan mahasiswa semester akhir. Tidak sedikit mahasiswa yang stress dan sulit tidur karena terlalu memikirkan dan khawatir bagaimana sidang skripsi akan terlaksana. Namun demikian, sidang skripsi mau tidak mau harus dilalui mahasiswa untuk lulus kuliah dan mendapat gelar sarjana. Hal ini dikarenakan skripsi merupakan bagian dari tugas akademik yang harus ditempuh dan dipertanggungjawabkan untuk menyelesaikan kuliah. Jadi, kamu sebagai mahasiswa akan tetap melakukan dan melaluinya kecuali ada peraturan baru berkaitan mahasiswa tidak diwajibkan menyusu skripsi untuk menyelesaikan kuliahnya.

Sidang skripsi adalah momok menakutkan bagi mahasiswa, termasuk saya sendiri. Saya merupakan orang yang kurang percaya diri berbicara di depan umum. Pastinya sidang skripsi menjadi momok tersendiri bagi saya yang memiliki kekurangan tersebut. Tetapi, Alhamdulillahnya sidang sidang skripsi saya berjalan lancar dua minggu yang lalu dan tidak semenakutkan yang dibayangkan sebelumnya.

Lalu, mengapa sidang skripsi menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan mahasiswa?

Hal yang paling ditakuti umumnya adalah takut tiba-tiba blank, diserang berbagai macam pertanyaan baik yang sesuai maupun di luar topik skripsi, takut tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan penguji, salah bicara, takut banyak revisi, takut tidak lulus dan harus sidang ulang, dan masih banyak lagi ketakutan-ketakutan yang dipikirkan mahasiswa yang akan sidang skripsi. Ketakutan tersebut yang bisa mengganggu waktu belajar. Waktu yang harus dimanfaatkan untuk belajar mempersiapkan sidang skripsi malah habis untuk overthinking memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi.

Setelah menyelesaikan skripsi, hal yang ditunggu-tunggu agar merasa lega adalah sidang skripsi. Lalu, apa yang perlu kita persiapkan menghadapi sidang skripsi agar sidang skripsi tidak lagi menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa semester akhir. Berikut tips mengenai hal-hal yang harus kamu persiapkan untuk menghadapi sidang skripsi.

  • Kuasai topik penelitian dan persiapkan presentasi dengan maksimal

Umumnya, sidang skripsi adalah mempresentasikan hasil penelitian yang telah kamu lakukan dan dilanjutkan dengan tanya jawab berkaitan dengan segala yang berhubungan dengan topik skripsi. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempelajari dengan baik hasil tulisan yang telah kamu buat dalam bentuk skripsi.

Pelajari terlebih dahulu keseluruhan skripsimu. Seharusnya jika skripsi dikerjakan sendiri pasti kamu akan menguasainya. Dengan menguasai skripsi kamu akan lebih percaya diri dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh para penguji. Buatlah list pertanyaan mengenai topik apa saja yang kira-kira akan ditanyakan oleh dosen penguji, setelahnya pelajari lebih lanjut berkaitan dengan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Hal tersebut untuk memastikan kembali bahwa kamu telah benar-benar menguasai skripsi yang telah kamu buat.

Selain mempelajari keseluruhan skripsi, kamu juga harus memastikan bahwa presentasi yang kamu buat singkat, padat, dan informatif. Pastikan kamu benar-benar menguasai presentasi dan jangan lupa untuk melakukan simulasi presentasi dengan temanmu agar kamu benar-benar siap dalam mempresentasikan hasil penelitian kamu nanti pada saat presentasi yang sesungguhnya. Kamu bisa meminta temanmu untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang telah kamu catat pada saat simulasi. Sehingga kami bisa lebih siap dalam menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan oleh dosen penguji.

  • Pastikan segala hal telah dipersiapkan dengan baik

Sebelum menjalankan sidang skripsi, buatlah list berkaitan degan hal-hal yang diperlukan saat menjalankan sidang skripsi secara rinci. Hal ini dilakukan agar pada saat sidang berlangsung tidak ada satupun hal yang terlupa dan tidak ada kendala yang terjadi. Hal-hal yang kamu perlukan adalah presentasi yang sudah kamu siapkan sebelumnya, hardcopy skripsi, dan hal-hal kecil seperti yang akan kamu kenakan nantinya.

Kamu harus memastikan ruangan yang akan digunakan untuk sidang skripsi sudah lengkap dengan fasilitas penunjang presentasi. Kamu bisa juga melakukan gladi resik di ruangan tersebut untuk crosscheck dan mengurangi kendala yang kemungkinan terjadi.

  • Percaya diri dan jangan takut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun