Mohon tunggu...
Ifatul Mardhiyah
Ifatul Mardhiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN maulana malik ibrahim malang

akun tulis menulius

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Nilai Pancasila sebagai Karakter Dasar Generasi Muda

9 Desember 2022   19:03 Diperbarui: 9 Desember 2022   19:08 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan Pancasila sangatlah penting untuk diakui, dihormati, dihargai keberadaanya dan diamalkan nilai-nilainya. Pancasila dibuat berdasarkan nilai nilai yang ada di Indonesia. Sehingga sangatalah cocok bagi kehidupan sehari hari masyarakat Indonesia bagi kalangan orang remaja, dewasa, maupun anak-anak. Namun mengingat pada saat ini banyak pengikisan nilai nilai pancasila di era perkembangan zaman ini. 

Maka dari itu pendidikan pancasila sangatlah penting terutama bagi generasi penerus bangsa. Kebutuhan pendidikan pancasila pada generasi penerus bangsa harus diterapkan sejak dini. 

Hal ini bertujuan agar seorang anak didik tidak menyimpang dari jati diri bangsa. Sehingga mereka memiliki pedoman sebagai kaidah penuntun dalam bertindak dan berfikir didalam kehidupan sehari hari dengan berlandaskan atas nilai nilai pancasila guna tumbuh kembangnya di masa depan.

Perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat Indonesia tidak bisa menutup diri dari dunia luar. Karena apabila Indonesia tidak mengikuti perkembangan zaman maka Indonesia akan tertinggal oleh kemajuan bangsa-bangsa lainya. 

Maka konsep pembangunan modern harus membuka Indonesia untuk membuka diri dan mengembangkan diri. Hal terpenting dari itu adalah bagaimana agar Indonesia mampu menyarig budaya yang masuk agar nilai nlai kebudayaaan yang baik dan sesuai kepribadian bangsa Indonesia saja yang terserap. 

Begitupila sebailknya, nilai nilai budaya yang tidak sesuai apalagi merusak nilai budaya nasional mesti haruslah ditolak dengan tegas. Agar dapat mempertahankan eksistensinya sebagai pandangan hidup dan pedoman maka pancasila harus dijadikan dasar dari persoalan tersebut. 

Apabila bangsa Indonesia mampu dan  konsisten menjaga nilai nilai luhur bangsa maka budaya dari luar yang tidak baik akan tertolak dengan sendirinya. Maka konsep pembangunan modern ini harus membuat Indonesia membuka dan mengembangkan diri sesuai dengan nilai nilai pancasila.

Tantangan perkembangan zaman ini menjadi sorotan yang bisa mengancam pancasila sebagai kepribadian bangsa. Tetapi haruslah diingat sebagai bangsa Indonesia jangan sampai kehilangan jati diri. dengan masuknya bangsa asing di era perkembangan zaman saat ini yang mungkin saja mendatangkan kemajuan, akan tetapi kemajuan tersebut juga menjadi sebuah ancaman bangsa yang membuat rakyat Indonesia kehilangan identitas diri dan menjadi asing seperti contoh pada kehidupan sehari-hari yaitu budaya berpakaian yang kebarat-baratan.

Budaya yang selalu terupdate dengan style luar menyebabkan kesenjangan dengan orang-orang disekitar sehingga norma-norma yang berlaku dilingkungan masyarakat terabaikan. Hal tersebut membuat bangsa Indonesia seakan-akan tidak mengenali dirinya sendiri sehingga budaya dari luar baik yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila maupun yang tidak akan terserap secara bulat bulat. Akan tetapi, pandangan bangsa saat ini nilai nilai yang datang dari luar dinilai bagus. 

Sedangkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang sudah tertanam sejak lama dianggap sebagai kuno dan kadaluarsa. Padahal dijelaskan dan ditegaskan dalam pembukaan UUD 1945 yang berasaskan gotong royong, kekeluargaan, serta musyawarah mufakat.

Perkembangan ini menghadirkan suatu peluang dan ancaman. Peluangnya adalah mengimplemetasikan pancasila dalam perkembangan revolusi tersebut. Ancamanya adalah membawa tatanan baru dengan menghapus budaya bangsa lalu menggerumus nilai nilai asli bangsa. Maka dari itu pancasila memiliki peranan penting sebagai penyaring budaya yang masuk. Rakyat Indonesia perlu menyesuaikan diri dengan cepat tetapi juga sesuai dengan nilai nilai yang terkandung dala pancasila. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun