Mohon tunggu...
Ifan AdiNurhidayat
Ifan AdiNurhidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNMA

Hidup itu seperti Angin. Kemanapun arahnya, tetapi tetap harus mempunyai tujuan.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas 10

7 Februari 2021   10:06 Diperbarui: 7 Februari 2021   10:39 1029
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

A.Materi Ajar

Buku ajar yang baik memiliki kriteria tertentu atau standar tertentu seperti tentang relevansinya dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini, kesesuaian metode dengan materi yang disampaikan, isi buku atau sudut keilmuannya. Manfaat buku teks bagi guru adalah untuk mempermudah mengidentifikasi bahan ajar. Buku teks juga berisi urutan penyajian bahan ajar, teknik dan metode pengajaran. Manfaat buku teks bagi siswa sebagai sarana pelajaran, alat kontrol untuk menguasai materi pelajaran, petunjuk teori, dan bahan-bahan latihan atau evaluasi. Buckingham (dalam Tarigan, 2009: 14) mengemukakan manfaat-manfaat buku teks, (1) kesempatan mempelajarinya sesuai dengan kecepatan masing-masing, (2) kesempatan untuk mengulangi atau meninjaunya kembali, (3) kemungkinan mengadakan pemeriksaan atau pencekan terhadap ingatan, (4) kemudahan untuk membuat catatan-catatan bagi pemakaian selanjutnya, dan (5) kesempatan khusus yang dapat ditampilkan oleh sarana- sarana visual dalam menunjang penting bagi guru dan siswa sebagai bahan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang seutuhnya. 

Di dalam silabus bahasa Indonesia kurikulum 2013 untuk siswa kelas X, guru menyajikan materi berbasis teks yang dilaksanakan dengan menerapkan prinsip bahwa (1) bahasa hendaknya dipandang sebagai teks, bukan semata-mata kumpulan kata atau kaidah kebahasaan, (2) penggunaan bahasa merupakan proses pemilihan bentuk-bentuk kebahasaan untuk mengungkapkan makna, (3) bahasa bersifat fungsional, yaitu penggunaan bahasa yang tidak pernah dapat dilepaskan dari konteks karena bentuk bahasa yang digunakan itu mencerminkan ide, sikap, nilai, dan ideologi penggunanya, dan (4) bahasa merupakan sarana pembentukan kemampuan berpikir manusia (Kemendikbud, 2013). 

B.Kualitas Teks yang Disajikan

Setiap teks memiliki struktur tersendiri yang satu sama lain berbeda. Hal ini sesuai dengan pendapat Gultom (2014) yang menyatakan bahwa setiap teks memiliki struktur tersendiri yang satu sama lain berbeda. Struktur teks merupakan cerminan struktur berpikir. Dengan demikian, makin banyak jenis teks yang dikuasai siswa, makin banyak struktur berpikir yang dapat digunakan dalam kehidupan sosial dan akademik. 

Teks diperinci ke dalam berbagai jenis, seperti deskripsi, penceritaan (recount), prosedur, laporan, eksplanasi, eksposisi, diskusi, surat, iklan, catatan harian, negosiasi, pantun, dongeng, anekdot, dan fiksi sejarah. Semua jenis teks itu dikelompokkan ke dalam teks cerita, teks faktual, dan teks tanggapan. Secara umum, buku siswa kelas X memuat lima pelajaran yang terdiri dari laporan hasil observasi, prosedur kompleks, teks tanggapan deskriptif/negosiasi, teks eksposisi, dan teks anekdot. Pada bagian akhir buku teks, disajikan satu pelajaran yang memuat gabungan lima jenis teks (Kemendikbud, 2013: vi). Jenis-jenis teks dibedakan atas fungsi sosial teks dan struktur teks. Sesuai dengan prinsipnya, perbedaan ada pada fungsi, struktur teks, dan ciri-ciri kebahasaan. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia dikatakan berbasis teks yang merupakan suatu kebulatan yang utuh dan terpadu.

Buku teks berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar-mengajar dalam mata pelajaran tertentu. Semakin baik kualitas buku teks, maka semakin sempurna pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Greene dan Petty (dalam Tarigan, 2009:20) mengemukakan sepuluh butir kualitas buku teks, yaitu sebagai berikut:

1)Buku teks haruslah menarik minat anak-anak, yaitu para siswa yang mempergunakannya,

2)Buku teks haruslah mampu memberi motivasi kepada para siswa yang memakainya,

3)Buku teks haruslah memuat ilustrasi yang menarik para siswa yang memanfaatkannya,

4)Buku teks seyogianyalah mempertimbangkan aspek- aspek linguistik sehingga sesuai dengan kemampuan para siswa yang memakainya,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun