Mohon tunggu...
Ifa maghfiroh
Ifa maghfiroh Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar mahasiswi

my hobby is listen music wherever and whenever music must be there :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

26 September 2022   12:12 Diperbarui: 26 September 2022   12:21 88 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia berfungsi sebagai pedoman hidup bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.Melestarikan budaya lokal,menghargai pendapat dan pandangan orang lain dan terakhir perlindungan asasi manusia merupakan 7 perwujudan nilai-nilai pancasila dalam bidang sosial budaya.

Nilai adalah sifat atau kualitas yang melekat pada suatu objek.Seperti hal nya nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila adalah sila pertama yaitu ketuhanan yang maha esa yang mengandung nilai ketuhanan sila kedua kemanusian yang adil dan beradab yang mengandung nilai kemanusian.

Sila ketiga persatuan Indonesia yang mengandung nilai persatuan sila keempat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan mengandung nilai kerakyatan dan terakhir sila yang kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang mengandung nilai keadilan.

 Contoh nilai yang terkandung dalam sila pertama seperti menghargai agama orang tanpa memaksakan mereka mengikuti agama kita.Sebab toleransi beragama itu penting di dalam berbangsa dan bernegara terutama saat kita bertetanggaan dengan orang yang memiliki agama non muslim.

Dan contoh nilai yang terkandung dalam sila kedua yaitu nilai kemanusian seperti halnya menjunjung tinggi hak asasi manusia dan tidak membedakan suku,keturunan,agama,kepercayaan,jenis kelamin,warna kulit dan lainnya.

Jadi di dunia perkuliahan kita tidak boleh memilih-milih teman sebab semuanya kita sama-sama mahkluk yang diciptakan Allah untuk bersosial sebab kita adalah makhluk sosial.Lalu  contoh nilai yang terkandung dalam sila ketiga yaitu nilai persatuan mengembangkan sikap menghargai antar keanekaragaman budaya dan mengembangkan sikap cinta dan bangga pada tanah air dan bangsa sebab jika bukan kita yang cinta tanah air siapa lagi?.

Sedangkan contoh nilai yang terkandung dalam sila ke empat yaitu nilai kerakyatan yaitu ketika kita dalam suatu musyawaroh kita harus menghargai masukan  pendapat-pendapat orang lain dan menghargai hasil musyawaroh.Dan yang terakhir contoh nilai sila yang kelima yaitu nilai keadilan peduli pada orang lain dan turut membantu penderitaan yang di alami orang lain.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan