Mohon tunggu...
Nur KholifatulAliyah
Nur KholifatulAliyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Life is Never Flat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Branding Usaha kepada UMKM dengan Cara Pembuatan Logo Usaha via Canva

2 Agustus 2021   20:37 Diperbarui: 2 Agustus 2021   20:46 293
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kendaldoyong, Kabupaten Demak (12/07/2021) -- Pandemi Covid-19 Faktanya memang mempengaruhi sektor perekonomian, tak terkecuali usaha kecil menengah (UMKM). Oleh karena itu, UMKM Harus bangkit dari keterpurukan karena Pandemi ini. Salah satu caranya yaitu dengan Melakukan Branding terhadap Usaha yang dimilikinya. 

Di sini saya menargetkan Sosialisasi saya kepada Usaha Rumahan seperti Toko sembako, di mana selain ingin membantu membangkitkan dari keterpurukan akibat Pandemi saya juga mau mengubah persepsi mereka tentang Bisnis yaitu Bisnis tidak hanya mengenai tentang Mencari Laba tetapi bagaimana caranya usaha kita bisa dikenal atau memiliki awareness tersendiri di mata Konsumen. Jikalau awareness usaha kita sudah kuat di mata Konsumen akan menimbulkan keloyalan konsumen tersebut.

Untuk mengatasi Permasalahan tersebut, Saya Nur Kholifatul Aliyah, Mahasiswa jurusan Manajemen, Universitas Diponegoro yang tergabung dalam KKN TIM II UNDIP 2021, mengadakan kegiatan sosialisasi Pentingya Branding Usaha di saat Pandemi Covid-19 secara Door to Door untuk mengurangi kerumunan dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Pada kegiatan ini saya memberi Edukasi tentang Dasar-dasar Branding mulai dari Pengenalan Apakah Branding itu, manfaat, jenis-jenis, faktor kegagalan Branding, dan solusi serta Pentingnya Branding pada saat Pandemi. 

Di sini target terlihat sangat antusias terhadap sosialisasi yang saya berikan dan selalu bertanya apa yang tidak dipahaminya.

Setelah target paham dengan Sosialisasi yang saya berikan, saya melanjutkan untuk mengajari Cara membuat Logo untuk usahanya via Aplikasi Canva yang penggunannya sangat mudah digunakan untuk pemula karena sebelumnya Usaha target belum memiliki Logo usaha. 

Logo merupakan salah satu Unsur yang harus dimiliki untuk Branding Usaha. 

Tetapi, sebelum praktek membuat logo saya melihatkan Tutorialnya terlebih dahulu melalui Youtube. Kemudian, Saya menuntun target untuk membuat Logo Step by step yang kemudian pada akhirnya target belajar membuat logo sendiri dan katanya "Ini gampang ya Mbak ternyata".

Program yang telah dilaksanakan ini mendapat Tanggapan yang positif karena target menjadi paham tentang Branding dan usahanya telah memiliki Logo. Harapannya kedepannya semoga pendapatan dari usahanya dapat meningkat dan memiliki awareness tersendiri di mata Konsumen.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun