Mohon tunggu...
KKN KELOMPOK 1
KKN KELOMPOK 1 Mohon Tunggu... Mahasiswa - DESA TANJUNGGUNUNG, BADEGAN, PONOROGO

KKN PULANG KAMPUNG UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Melaksanakan Pendampingan untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Desa Tanjunggunung

25 Juli 2021   18:02 Diperbarui: 25 Juli 2021   18:07 27 1 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang telah Melaksanakan kegiatan pendampingan belajar bagi siswa sekolah dasar di Desa Tanjunggunung. Pendampingan belajar merupakan program yang digagas tim KKN UM Desa Tanjunggunung. Kegiatan ini merupakan upaya pemberian bantuan bagi individu maupun kelompok oleh seseorang yang memiliki keahlian di bidang tertentu dalam memecahkan masalah siswa. Selain itu diharapkan dengan adanya program ini mempererat hubungan masyarakat dengan mahasiswa KKN agar terjalin siaturahmi yang baik.

Pendampingan ini dilakukan langsung oleh anggota KKN Universitas Negeri Malang. Kegiatan pendampingan belajar dimulai pukul 08.00 WIB dan bertempat di Masjid A-Wahidin di Dusun Bondalem, Desa Tanjunggunung. Pendampingan belajar ini dapat terlaksana selama 3 hari yaitu tanggal 20-23 Juni 2021 dengan jumlah peserta sedikitnya 7 anak. Adanya program kerja ini disambut baik oleh masyarakat utamanya warga Dusun Bondalem dengan antusias. Ibu Yusrin selaku perwakilan dari pengurus Madrasah Diniyah Awwaliyyah Al-Wardan mengatakan "selama ini pembelajaran yang dilakukan secara daring membuat anak-anak sekitar menjadi kurang antusias dan tidak disiplin dalam belajar. Tidak jarang anak- anak menolak belajar saat dibimbing oleh orangtuanya dirumah".

Siswa sekolah dasar yang menghadiri kegiatan ini terlihat sangat antusias walaupun harus tetap menerapkan prokes dan membatasi jumlah pesertanya. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan mereka selama sesi belajar berlangsung. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik karena terdapatnya sarana pembelajaran yang nyaman dan suasana belajar yang kondusif. Hal ini membantu siswa untuk menyerap materi yang diajarkan. Diharapkan melalui kegiatan ini mampu meringankan permasalahan orang tua terkait belajar anak, baik itu meliputi tugas atau materi pembelajaran serta memberikan pemahaman materi pada siswa.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN