Bisnis

Apa Pentingnya Review Bisnis di Google?

22 April 2019   13:36 Diperbarui: 22 April 2019   13:53 9 1 0
Apa Pentingnya Review Bisnis di Google?
rocket-reviews.co.uk

Banyak pengusaha yang menginginkan bisnis mereka memiliki peringkat review yang baik di Google. Mungkin Anda termasuk salah satu di antaranya. Anda mungkin bahkan sampai memaksa sahabat-sahabat Anda (yang bahkan belum pernah menggunakan produk/layanan jasa dari bisnis Anda) untuk ikut memberikan ulasan atau sekadar bintang lima agar bisnis Anda terlihat memiliki citra yang bagus. Lebih dari itu, review ternyata berkaitan erat dengan peringkat bisnis Anda dalam hasil pencarian lokal. Kok bisa?

Singkat cerita, penelitian dari BrightLocal menunjukkan bahwa peringkat bintang yang tinggi sangat berkorelasi dengan peringkat bisnis yang baik dalam hasil pencarian Google. Hasil dari penelitian yang didasarkan pada analisis 93.000 ulasan Google bisnis di 26 industri berbeda  ini juga menunjukkan bahwa peringkat bisnis yang berada pada halaman pertama hasil pencarian lokal Google rata-rata memiliki peringkat ulasan 4,42 bintang. Lebih khususnya lagi, bisnis yang muncul di tiga posisi lokal teratas Google rata-rata memiliki 4---5 bintang dan 47 ulasan. Lalu untuk apa itu semua?

 Tak ada review yang tak berguna. Selidik punya selidik, ulasan positif akan mengirim sinyal ke Google bahwa bisnis tersebut dapat dipercaya dan memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan. Tentu Anda bisa bayangkan bagaimana reaksi Google jika semakin banyak ulasan positif dan bintang yang datang ke bisnis Anda. Tak perlu kaget jika tiba-tiba bisnis Anda berada pada posisi teratas pada hasil pencarian lokal Google. Ya, karena itulah ganjaran sepadan yang memang pantas Anda dapatkan.

Nah kan, tidak sia-sia juga Anda memaksa para sahabat dan kerabat untuk me-review bisnis Anda di Google.  Asal review-nya jangan terlalu dibuat-buat dan tidak sesuai kenyataan, ya. Sekali lagi, tak ada review yang tak berguna. Begitu Google mengetahui jika review bisnis Anda tak sesuai dengan kebenarannya, bisnis Anda lama-lama bisa hanya akan tinggal nama.