Mohon tunggu...
Devin Aditya
Devin Aditya Mohon Tunggu... ..

..

Selanjutnya

Tutup

Bola

Futsal

14 Januari 2020   22:32 Diperbarui: 14 Januari 2020   22:55 15 0 0 Mohon Tunggu...

 Futsal adalah permainan yang dimainkan oleh 5 orang dari masing masing timnya, setiap tim tidak hanya diisi oleh 5 orang saja tetapi tiap tim juga memiliki pemain cadangan untuk mengganti pemain inti dilapang sesuai keburuhan dan intruksi pelatih. Futsal adalah permainan yang dimainkan oleh 2 tim, tujuannya mamasukan bola ke gawang lawan sebanyak banyaknya agar dapat memenangkan pertandingan, dalam permainan ini pemain hanya boleh menggunakan kaki kecuali kiper sama halnya seperti sepak bola. Pertama kali permainan ini dimainkan di Uruguay, dan istilah futsal berasal dari kata Spanyol atau Portugis, futbol(sepak bola) dan sala(dalam ruangan).

Pertandingan Internasional pertama diadakan pada 1965. Luas lapangan futsal berbeda dengan lapangan sepak bola selain banyaknya persamaan antara sepak bola dan futsal ada juga perbedaannya yaitu yang pertama ukuran lapang lebih kecil dengan ukuran 25-43 m(panjang) dikali lebar 15-25 m, yang membedakan pula bila di sepak bola titik pinalti hanya ada 1 sedangkan dalam futsal ada 2 titik pinalti, titik pinalti pertama berjarak 6 m dari gawang dan titik pinalti kedua berjarak 10 m dari gawang.

Besar gawang pun dibanding gawang sepak bola pada umumnya gawang futsal lebih kecil yaitu tinggi 2 m dan lebar 3 m, perbedaan terakhir yang paling mencolok adalah batas pergantian pemain dimana pada futsal pergantian pemain bebas dilakukan berapa kalipun sesuai kebutuh tim dan pemain yang sudah di di ganti dapat bermain kembali bila diinginkan oleh pelatih tidak seperti di sepak bola dimana hanya ada 3 pergantian pemain dan juga pemain yang sudah di ganti tidak bisa dimainkan kembali.

Futsal adalah olahraga yang menggunakan hampit seluruh bagian tubuh maka dariitu seluruh bagian tubuh akan bergerak dan menjadikan tubuh kita menjadi sehat , olahraga futsal ini juga olahraga yang sangat praktis dimana kita bisa bersama siapa saja bermain karna kini sudah banyak gor gor dibuka untuk kita bermain bersama teman maupun siapapun. Harapan saya kita sebagai masyarakat Indonesia harus mengembangkan permainan ini terutama untuk para generasi muda karna tidak jarang Indonesia pun melahirkan bibit bibit unggul yang sangat berbakat untuk menunjang prestasi Indonesia di kancah Dunia.

Saya juga berharap animo masyarakat tidak hanya untuk sepak bola saja tapi melihat juga ke cabang lain seperti futsal yang serumpun dengan sepak bola, kita juga harus terus memajukan dan mempertahankan prestasi yang saat ini di pegang yaitu sudah mencapai rangking 47 Dunia, mari kita kembangkan futsal Indonesia hingga dapat diakui Dunia.

VIDEO PILIHAN