Mohon tunggu...
Ida Riyani
Ida Riyani Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030116

Masih labil, suka berubah-ubah

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Tips biar Bibir Nggak Kering Selama Puasa!

14 April 2021   23:07 Diperbarui: 14 April 2021   23:25 267 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips biar Bibir Nggak Kering Selama Puasa!
m.tribunnews.com

Suka sebel ngga sih kalau misal bibir kita pecah pecah, kering bahkan mengelupas, apalagi pas puasa puasa begini? Permasalahan bibir kering emang umum banget sih guys dialami banyak orang saat puasa. Nggak jarang juga lho pengelupasan kulit bibir yang berlebihan bisa membuat iritasi dan melukai lapisan bibir kita.

Tapi kalian tau ngga sih penyebab utama bibir kering dan mengelupas yang paling sering dialami oleh seseorang saat puasa? Ternyata bibir kering yang terkelupas dan pecah pecah bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti dehidrasi, alergi, dan kekurangan vitamin.

Karena saat ini setiap hari kita yang seorang umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa, otomatis diri kita tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup, seluruh bagian tubuh mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan selama kurang lebih 13 jam berpuasa, yang bisa mengakibatkan bibir menjadi kering dan mengelupas.

Nah, aku mau kasih tau nih kiat kiat yang gampang banget dilakukan dan diterapkan selama puasa biar bibir tetap lembab, ngga kering dan tetap ter-hidrasi.

  • Pakai Lip balm

Lip balm merupakan salah satu produk perawatan kulit andalan buat kalian yang memiliki masalah bibir kering, lip balm dapat digunakan untuk mengatasi bibir kering karena memiliki formula untuk melembapkan kulit bibir. Bibir pecah-pecah yang belum terlalu parah dapat diatasi dengan rutin mengoleskan lip balm. Kandungan dalam lip balm, seperti shea butter, vitamin E, jojoba oil hingga madu, dapat melembapkan kulit bibir dan perlahan menghilangkan bibir pecar-pecah. Jangan lupa juga untuk memakainya secara rutin untuk hasil yang maksimal.

  • Eksfoliasi Bibir

Bibir kering dan pecah-pecah ditandai dengan menumpuknya sel kulit mati. Nah makannya, penting bagi kamu melakukan eksfoliasi bibir secara rutin untuk menghempaskan sel kulit mati yang selama ini mengendap di permukaan bibir. Lakukanlah secara ruti sebanyak satu hingga dua kali seminggu setelah berbuka. Kamu bisa menggunakan madu yang dicampur dengan gula untuk melakukan scrubbing, atau menggunakan produk lip scrub.

  • Menggunakan Madu

Selain melembabkan kulit, madu juga mampu melembabkan bibir. Kamu bisa banget nih mengoleskan madu pada bibir sebelum tidur untuk mencegah bibir kering ketika berpuasa di esok hari. Di sisi lain, madu juga dapat membuat bibir lebih lembut dan merah. Oh ya, untuk hasil yang maksimal jangan lupa untuk melakukannya secara rutin dan setiap hari ya guys! Jangan males hehehehe.

  • Konsumsi Air Mineral yang Cukup

Selain pakai lip balm, karena emang lipbalm is a must tapi kita juga tetap harus melakukan hal yang lain nya biar bibir kita ngga kering lho. Konsumsi air mineral dan jangan minum air yang mengandung soda setelah berbuka serta saat kamu merasa haus, make sure kalau kamu langsung minum air mineral aja pas buka yah, kurangi minum minuman yang mengandung soda setelah berbuka! Karena ngga memiliki pengaruh apapun buat kebutuhan air mineral yang dibutuhkan oleh tubuh agar bibir bisa tetap lembab dan ngga kering.

Terapkan pola 2-4-2, yaitu minum dua gelas air putih pada saat sahur, empat gelas saat berbuka puasa, dan dua gelas sebelum tidur malam. Hal ini akan menjaga tubuh kita tetap ter-hidrasi dan bisa mengatasi penyebab bibir pecah pecah, kering dan mengelupas.

  • Hindari Makanan Asin dan Pedas Saat Berbuka dan Sahur

Makanan asin yang mengandung garam tinggi dapat mengikat cairan yang ada di dalam tubuh. Sedangkan makanan pedas dapat membuat tubuh terasa haus sepanjang hari. So, untuk mencegah bibir kering dan batal puasa di tengah hari karena rasa haus yang tidak bisa ditahan, hindarilah kedua makanan ini saat puasa, ya guys.

  • Makan Buah Buahan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN