Mohon tunggu...
Idam Nurdiansyah
Idam Nurdiansyah Mohon Tunggu... Buruh - Catatan peristiwa yang saya Minati

Pembelajar yang tak pernah usai

Selanjutnya

Tutup

Politik

Akhirnya Inilah Pemimpin Baru Jerman

8 Desember 2021   23:40 Diperbarui: 8 Desember 2021   23:51 34 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

November 2005 Angela Merkel  Disumpah menjadi kanselir jerman tak ada yang menyangka, Jerman di bawahnya menjadi pemimpin eropa. 

Cita-cita Menaklukan Eropa pernah didengungkan Adolf Hitler dan tanpa perang Merkel secara tidak langsung telah mewujudkanya. Merkel menjelma sebagai pemimpin uni eropa,ia memimpin eropa dalam berbagai krisis. Kini setelah berkuasa 16 tahun menjabat sebagai kanselir merkel tak maju lagi sebagai kandidat dari Union. 

Selama Merkel menjabat sudah banyak suksesi kepemimpinan dunia seperti Amerika serikat yang telah 3 kali berganti presiden dan Inggris yang telah berganti 5 kali perdana menteri. 

Selain itu terjadi banyak peristiwa penting seperti peristiwa krisis ekonomi 2008 dan keluarnya inggris dari keanggotan uni eropa yang kita kenal Brexit. Dia adalah sosok pemimpin paling powerfull di dunia setelah  Xi jinping, vladimir putin, dan Joe biden.

Lulusan Fisika Karl Marx university  ini telah  melewati banyak hal dalam memimpin jerman. Hasil pemilu jerman beberapa bulan lalu memenangkan SPD atau Partai Sosial demokrat sebagai pemenang pemilu dan CDU partai yang selama ini mengusung merkel kalah tipis di posisi kedua. Konstelasi kandidat kanselir selanjutnya mengarah pada Olafscholz menteri Keuangan Republik federal Jerman  periode ini, setelah pada pemilu sebelumnya CDU dan SPD membentuk suatu koalisi besar. 

Tentu corak warna kebijakan Jerman akan sedikit berubah mengingat CDU dan SPD memiliki ideologi yang berbeda, kita masih menunggu hasil konsolidasi partai-partai jerman hingga dapat membentuk pemerintahan baru. Apakah bisa membawa jerman makin kokoh sebagai negara terkuat di eropa?

Selain itu banyak masalah-masalah lama yang harus diselesaikan contohnya masalah  jutaan imigran yang menuju jerman untuk mencari suaka. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan