Mohon tunggu...
Ida Rohmatul Auliyyah
Ida Rohmatul Auliyyah Mohon Tunggu... Guru - GURU TK MODERN AL-RIFA'IE

Pendidik Di TK Modern Al-Rifa'ie Gondanglegi Kab. Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Melatih Jiwa Wirausaha Anak PAUD

1 Desember 2022   16:08 Diperbarui: 1 Desember 2022   16:24 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

whatsapp-image-2022-12-01-at-15-55-53-63887205e371322d83439b43.jpeg
whatsapp-image-2022-12-01-at-15-55-53-63887205e371322d83439b43.jpeg
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hai sahabat pendidik, di Era abad 21 ini anak dituntun untuk mengerti lingkungannya lebih cepat, mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, hingga Universitas anak secara tidak langsung dilatih untuk tahan banting sekuat besi menghadapi perkembangan zaman yang sangat cepat ini. Dimana teknologi sudah menjadi primadona bagi segala jenjang pendidikan maupun dilingkungan pekerjaan dan rumah tangga. Anak yang mulai dilatih untuk menghadapi peradaban zaman yang serba instan ini perlu bekal mumpuni baik segi intelegensi, sosial, pemahaman akan agama yang dianut serta akhlaqul karimah.

Pada kesempatan kali ini kami sebagai pendidik PAUD sudah mulai membuat pembelajaran yang mengasikkan dan tentunya melatih anak usia dini (PAUD) lebih mampu bersikap kreatif, inovatif dan cekatan.

Pada Minggu akhir di bulan November 2022 kemarin kami para pendidik PAUD membuat kegiatan diluar tema dengan belajar wirausaha dari kelas TPA, Playgroup, dan Taman Kanak-Kanak (TK). Dimana anak bekerjasama dengan orangtua untuk membuat hidangan yang enak, sehat, murah dan menarik bagi anak yang kemudian di perjual-belikan kepada teman-teman di sekolah. Harga mulai Rp.500,- sampai Rp. 2000,-.

Dengan kegiatan ini anak PAUD kami latih untuk lebih mampu bersabar saat berjualan dan membeli, mulai diperkenalkan nominal uang Rupiah serta hitungannya, dilatih mandiri, kerjasama dan juga bahasa anak untuk pandai-pandai menawarkan dagangannya serta berani bertanya saat membeli. Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini anak usia dini akan lebih memiliki inovasi, kreatifitas dan sosial yang baik kedepannya.

Sangat menyenangkan belajar wirausaha bersama anak PAUD, kegiatan ini kami lakukan setiap akhir Semester I setelah pembelajaran tema selesai. Kegiatan ini tidak terlepas juga dari kerjasama dengan wali murid yang peduli, antusias dan senang dengan kegiatan di sekolah anak serta mendukung meningkatnya tumbuh kembang anak salah satunya dengan kegiatan yang mengasikkan ini.

Kegiatan ini juga membuat anak dilatih belajar tidak hanya di dalam kelas membawa buku dan pensil tapi jauh lebih dari itu, bahkan pada perkembangan zaman ini anak sudah mulai dihadapkan dengan lingkungan luas yang tidak selamanya nyaman dan menang, ada kalanya menuntut ada kalanya kalah dan harus mengalah, Guru mengharapkan agar anak PAUD menjadi anak yang tangguh dalam menghadapi berbagai persoalan baik dari dalam diri maupun lingkungan luas seiring berkembang pesatnya teknologi dan zaman.

Perlu diingat juga penanaman akhlaq selalu disisipkan dalam berbagai kegiatan main anak, agar anak selalu menjadi anak yang rendah hati, penyayang, sopan santun dan berbudi pekerti luhur. Anak yang memilik akhlaqul karimah akan memiliki rasa legowo dalam segala hal, dihantam berbagai persoalan akan tetap kokoh, dan ketika mengalami gagal-pun akan memiliki nilai yang baik dimata semua orang. Karena "ilmu tanpa adab (akhlaq) seperti api tanpa kayu bakar"

Guru mengharapan agar anak PAUD menjadi anak yang diakui dunia dengan akhlaqul karimah yang membanggakan agamanya. Aamiin....

Sekian dulu sahabat pendidik, Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun