Mohon tunggu...
ichsan wahyuP
ichsan wahyuP Mohon Tunggu... MAHASISWA KKN

JUST DO IT

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sekolah Santai: Edukasi Sekolah Lingkungan Sejak Dini Berbasis Sekolah Alam

16 Agustus 2019   14:26 Diperbarui: 16 Agustus 2019   15:08 0 1 0 Mohon Tunggu...
Sekolah Santai: Edukasi Sekolah Lingkungan Sejak Dini Berbasis Sekolah Alam
Dokpri

Pada Rabu (31/7), mahasiswa KKN UNDIP Tim II Tahun 2019 Desa Asemdoyong melaksanakan program mutlidisiplin pertamanya, yakni Sekolah SANTAI (Sungai dan Pantai). Sekolah SANTAI merupakan bentuk edukasi sejak dini mengenai pentingnya menjaga lingkungan, terkhususnya sungai dan pantai. Sungai dan pantai menjadi subjek utama dari program ini karena Desa Asemdoyong merupakan desa yang terletak di daerah pesisir, sehingga sungai dan pantai merupakan objek vital yang memerlukan perhatian lebih. Sekolah SANTAI mengajak anak-anak usia dini untuk belajar sambil bermain melalui sekolah alam, sehingga mereka bisa melihat dan mempraktikkan secara langsung sesuai kondisi di lapangan.


Sekolah SANTAI dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Pertemuan pertama berlangsung pada hari Rabu silam di daerah Pantai Muara Indah Asemdoyong. Mahasiswa KKN UNDIP Tim II Tahun 2019 bekerjasama dengan SDN 03 Asemdoyong, di mana siswa kelas V merupakan sasaran sekaligus partisipan dalam program ini. Sebanyak 80 orang siswa mengikuti Sekolah SANTAI, di mana kemudian seluruhnya dikelompokkan menjadi 8 kelompok.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan pada pertemuan pertama Sekolah SANTAI mencakup pengedukasian yang dikemas dengan games dan outbound. Terdapat empat pos, di mana pada masing-masing pos dipaparkan satu materi, sehingga terdapat empat materi berbeda. Adapun materi yang diajarkan meliputi siklus hidrologi dan lingkungan akuatik, mitigasi bencana, sampah dan pemilahannya, serta kebersihan dan sanitasi.Siswa siswi kelas V SDN N 03 Asemdoyong mengikuti acara dengan semangat dan antusias luar biasa.  Mereka mengikuti rangkaian outbound dengan tertib, dengan menunjukkan sikap santun dan kooperatif. Dalam pelaksanaan acara, mahasiswa KKN UNDIP dibantu oleh Ibu Jatun selaku guru mata pelajaran Olahraga di SDN 03 Asemdoyong. Acara berlangsung dengan lancar dari pukul 07.00 hingga 10.00 WIB.

Dokpri
Dokpri

Melalui Sekolah SANTAI, mahasiswa KKN UNDIP Tim II Tahun 2019 mengajak anak-anak untuk mengenal dan melihat lebih dalam lingkungan sekitarnya. Sekolah SANTAI diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta dan peduli lingkungan pada anak-anak sejak dini, sekaligus melatih kebiasaan untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, sehingga kebiasaan itu bisa membudaya di kalangan masyarakat nantinya.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x