Mohon tunggu...
Iche FatmasariNastiti
Iche FatmasariNastiti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka jalan jalan dan makan. Mentukai kumpulan puisi dan ingin sekali pergi ke Jepang!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Berbuat Baik walau Sedikit

22 September 2022   07:40 Diperbarui: 22 September 2022   08:01 81 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Manusia merupakan makhluk Tuhan yang memiliki landasan jiwa sosial sehingga secara langsung maupun tidak langsung akan membutuhkan bantuan sesama manusia satu sama lain. Salah satu hal utama yang akan menjadikan manusia menjadi lebih berarti satu sama lain adalah dengan berbuat kebaikan

Berbuat baik merupakan kewajiban  Berbuat baik sangat penting untuk kita tanamkan dalam diri kita agar dapat menjadi manusia yang lebih bermakna. Banyak sekali bentuk bentuk dari berbuat hal baik. Namun, pada dasarnya tidak ada patokan khusus dalam melakukan kebaikan.

Banyak hal yang dapat kita pelajari dari kehidupan sehari hari. Dari keluarga, teman, bahkan orang yang belum kita kenal saja dapat memberikan motivasi dalam berbuat hal baik. Dalam lingkungan keluarga, kita akan menemukan banyak hal yang secara tidak terduga akan membawa hati kita untuk berbuat hal baik. secara tidak langsung kita akan membantu atau melakukan hal hal yang dapat menyenangkan keluarga sehingga hal tersebut membuat kita terbantu juga. 

Misal, kita menyapu rumah dan membantu ibu ke pasar. Sekecil apapun itu, sebuah kebaikan akan berarti dan bermakna bagi sesama. Dalam lingkungan pertemanan, seringkali kita menemukan teman kita yang sedang kesusahan dan sedang bersedih. 

Di satu sisi kita akan berempati tanpa disuruh. Kemudian saat kita membantu, kita akan merasa tenang dan merasa hal tersebut baik untuk dilakukan.

 Dalam Kitab Suci Al-Qur'an, tertulis dalam Al-Qashas, ayat 84 berikut :

"Barangsiapa datang dengan (membawa) kebaikan, maka dia akan mendapat (pahala) yang lebih baik daripada kebaikannya itu; dan barangsiapa datang dengan (membawa) kejahatan, maka orang-orang yang telah mengerjakan kejahatan itu hanya diberi balasan (seimbang) dengan apa yang dahulu mereka kerjakan." (Al-Qashas, ayat 84)

Dalam ayat tersebut, menjelaskan bahwa kebaikan akan dibalas kebaikan, sekecil apapun itu kebaikannya. Seperti membuang sampah pada tempatnya, atau menyingkirkan batu di tengah jalan. Kebaikan seperti itu sangatlah kecil, namun dapat berguna bagi lingkungan sekitar. 

Ketika kita membuang sampah pada tempatnya, kita tidak akan mengganggu orang lain soal sampah kita yang berserakan, selain itu lingkungan juga akan menjadi bersih, hal tersebut akan berdampak pada lingkungan yang bersih sehingga secara tidak langsung kita telah bermanfaat karena berbuat baik, walaupun dengan hal yang kecil.

Oleh karena itu, kita harus berbuat baik. pada intinya, berbuat kebaikan merupakan kewajiban kita sebagai manusia. Besar atau kecil, ukuran kebaikan tidaklah penting. 

Penting untuk diketahui bahwa apabila kita melakukan kebaikan, maka tidak ada balsan lain kecuali kebaikan pula. Oleh karena itu, marilah kita berbuat baik sekalipun itu hal yang kecil

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan