Mohon tunggu...
Icha Tiurlan
Icha Tiurlan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Industri

Senang Mendengarkan Musik dan Menyukai Hal-Hal yang Baru

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Edukasi Mahasiswa KKN UNDIP: Pembuatan Desinfektan Mandiri Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona

1 Agustus 2021   14:50 Diperbarui: 1 Agustus 2021   14:55 94 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Edukasi Mahasiswa KKN UNDIP: Pembuatan Desinfektan Mandiri Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona
Video Pembuatan Desinfektan

Semarang- Kasus Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan grafik yang melandai bahkan menurut Satgas Penanganan Covid-19 Indonesia, penyakit akibat virus Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) ini meningkat sejak awal Bulan Juni tahun 2021. Peningkatan kasus ini membuat masyarakat semakin waspada. Masyarakat harus tetap melaksanakan protokol kesehatan, menjaga pola hidup sehat, dan bersih untuk mencegah penyebaran virus corona. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan di masa pandemi Covid-19 adalah melakukan penyemprotan desinfektan.

Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh Icha Tiurlan, mahasiswa KKN Tim II Undip dengan Ketua RW 07, Isroil, serta warga setempat pada hari Kamis (1/7/2021), penyemprotan desinfektan di wilayah mereka belum pernah dilakukan sejak Bulan Juni tahun 2021. Warga hanya mengandalkan penyemprotan desinfektan dari pihak Kelurahan Lamper Tengah dan pihak RW.

Berdasarkan situasi tersebut serta melihat peningkatan kasus Covid-19 di wilayah RW 07 Kelurahan Lamper Tengah, Icha Tiurlan melakukan kegiatan edukasi ‘Cara Membuat dan Menggunakan Desinfektan Secara Mandiri’. Dengan adanya edukasi ini, Icha berharap warga RW 07 Kelurahan Lamper Tengah menjadi tahu bagaimana cara membuat desinfektan dengan bahan yang bisa diperoleh dari rumah dan warga tetap melaksanakan kebersihan lingkungan di masa pandemi Covid-19 untuk memutus penyebaran virus corona.

Kegiatan edukasi ini dilakukan secara online agar tidak menimbulkan kerumunan. Hal pertama yang dilakukan Icha adalah membuat video ‘Cara Membuat Desinfektan’. Bahan yang digunakan dalam membuat desinfektan ini adalah cairan pemutih ‘bayclin’. Selain cara pembuatan desinfektan, video tersebut juga menjelaskan mengenai cara penggunaan desinfektan.

Edukasi Via ZOOM
Edukasi Via ZOOM
Edukasi cara membuat dan menggunakan desinfektan secara mandiri dilakukan pada Hari Sabtu (10/07/2021) menggunakan platform Zoom. Edukasi ini dihadiri oleh anggota karang taruna Kelurahan Lamper Tengah dengan kegiatan edukasi adalah pemaparan video dan pemberian informasi terkait desinfektan kepada peserta Zoom. Edukasi berlangsung selama 20 menit. Selain menggunakan aplikasi Zoom, edukasi juga diberikan dengan menyebarkan video ‘Cara Membuat dan Menggunakan Disinfektan Secara Mandiri’ melalui grup WhatsApp warga RW 07.

Pembagian Desinfektan
Pembagian Desinfektan
Setelah edukasi diberikan, kegiatan selanjutnya yang dilakukan oleh Icha adalah membagikan disinfektan yang sudah dibuat. Pemberian disinfektan ini dilakukan pada hari Rabu (21/7/2021). Disinfektan diberikan kepada ketua RW 07, Masjid Istiqomah RW 07, dan warga RW 07. Diharapkan disinfektan yang telah diberikan dapat dimanfaatkan untuk mensterilkan benda-benda yang ada di rumah serta lingkungan rumah warga RW 07. Selain memberikan disinfektan, Icha juga melakukan penyemprotan di ruang Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Istiqomah yang pada hari sebelumnya, Selasa (20/7/2021), dijadikan tempat pemotongan hewan qurban.
Penyemprotan Desinfektan
Penyemprotan Desinfektan

Menerapkan protokol kesehatan, menjaga pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan rumah seperti melakukan penyemprotan disinfektan perlu dilakukan agar memutus rantai penyebaran virus corona. 

Penulis : Icha Tiurlan (Teknik Industri 2018)

Dosen Pembimbing Lapangan : drg. Isniya Nosartika, MDSc., Sp.Perio

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x