Mohon tunggu...
Ica Marisca
Ica Marisca Mohon Tunggu... ordinary girl with beautiful mind

penikmat kesunyian dalam gelapnya malam

Selanjutnya

Tutup

Digital

SD-WAN: Masa Depan Infrastruktur TI Indonesia

25 Agustus 2020   15:14 Diperbarui: 25 Agustus 2020   16:14 47 0 0 Mohon Tunggu...

Teknologi tradisional WAN (Wide Area Network) telah lama menjadi opsi utama untuk infrastruktur jaringan TI, audio, dan data. Seiring berkembangnya teknologi, kini hadir SD (Software-Defined)-WAN. Baik Traditional WAN maupun SD-WAN memiliki keunggulan masing-masing. Namun, dengan berbagai alasan, sejumlah perusahaan atau organisasi cenderung menggunakan SD-WAN. Kira-kira, kelebihan apa saja yang dimiliki oleh SD-WAN dibandingkan Traditional WAN?

SD-WAN adalah pendekatan unik untuk jaringan area luas karena menyatukan teknologi Traditional WAN, seperti MPLS (Multiprotocol Label Switching) dan koneksi internet. Hal Ini memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk mengarahkan lalu lintas ke lokasi terpencil dan beberapa kantor atau cabang.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa keunggulan SD-WAN dibandingkan Traditional WAN:

Multiple link resilience

Lingkungan Traditional WAN biasanya mempunyai satu tautan jaringan yang masuk ke setiap lokasi. Dengan SD-WAN, berbagai macam tipe WAN dapat digabungkan, baik jaringan private atau pun publik dan dari berbagai ISP yang berbeda. Sehingga hal tersebut dapat menjadi keunggulan SD-WAN karena dapat menghilangkah satu titik kegagalan yang dapat menjatuhkan jaringan.

Mendukung penerapan penyimpanan awan (cloud)

Traditional WAN didasarkan pada router konvensional yang tidak ramah cloud. Sebuah perusahaan atau organisasi yang menerapkan Traditional WAN membutuhkan perombakan kembali semua lalu lintas--termasuk yang menuju ke cloud--dari kantor cabang ke pusat data hub atau kantor pusat tempat layanan pemeriksaan keamanan canggih dapat diterapkan.

Dengan SD-WAN, jalur baru dapat ditambahkan dengan cepat dan mudah ke situs yang membutuhkan kapasitas yang lebih. Dengan menghubungkan situs-situs secara langsung ke internet, SD-WAN mengurangi kemungkinan hambatan dan penundaan yang umum terjadi pada WAN yang lebih lama.

Kemudahan implementasi

Ketika perusahaan atau organisasi membuka kantor cabang baru, proses bisnis, operasioal dan lain-lain bisa bertambah kompleks. Faktor biaya pun bisa membengkak. SD-WAN memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk mengatur jaringan yang andal dan aman dengan cepat, menggunakan ISP mana saja yang paling sesuai untuk setiap lokasi.

Memaksimalkan kinerja dan produktivitas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN