Mohon tunggu...
Ibnu kasir
Ibnu kasir Mohon Tunggu... //

Akurat dan TerInspirasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa Mempertanyakan Kelanjutan Perkuliahan Semester Genap untuk Situasi Saat Ini?

30 Maret 2020   22:36 Diperbarui: 30 Maret 2020   23:10 65 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Mempertanyakan Kelanjutan Perkuliahan Semester Genap untuk Situasi Saat Ini?
Wahyu Tripa, Mhs Pendidikan Agama Islam, UIN Ar-Raniry (dok:ibnutripa)

Banda Aceh-Terkait penyebaran COVID-19 yang semakin merebak di masyarakat, yang sudah mulai masuk terkhususnya ke daerah istimewa Aceh yang sampai saat ini sudah 5 orang yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 dan 2 orang dinyatakan meninggal dunia. 

Mengingat pemerintah yang mulai melarang keramaian dan mulai memberlakukan lockdown guna untuk mencegah atau memutus rantai penyebaran COVID-19 sehingga kampus pun terpaksa  melakukan kuliah tanpa tatap muka atau kuliah daring (dalam jaringan/online). Lalu bagaimana nasib mahasiswa atau kelanjutan dari semester genap ini? 30/03/20

Wahyu Tripa melalui pesan WhatsApp kepada Kompasiana.com mengatakan, Menurut saya untuk semester ini kuliah ditangguhkan atau diberhentikan (cuti), walaupun mahasiswa tetap melanjutkan kuliah tanpa tatap muka (dalan jaringan/online) saya pribadi merasa tidak efektif dan tidak ada subtansi nya. Misalnya seperti mahasiswa yang pedalaman yang susah akan jaringan internet harus susah payah dulu cari jaringan yang stabil, belum lagi mengerjakan tugas nya yang membutuhkan jaringan internet.

Jadi saya rasa lebih efektif nya untuk semester ini kuliah bisa ditangguhkan atau di cuti kan dulu dan akan dilanjutkan kedepan sampai keadaan mulai membaik dan memungkinkan. Untuk SPP saya rasa boleh untuk tidak dikembalikan tapi setelah semester ini berlanjut mahasiswa tidak perlu lagi membayar SPP.

Dan kalaupun kuliah daring tetap berlanjut maka alangkah baiknya setengah dari biaya SPP mahasiswa harus di kembalikan mengingat situasi sekarang yang harus di rumah aja jadi dari mahasiswa ataupun orang tua mahasiswa bisa meringankan beban mereka sedikit dengan adanya cashback SPP itu tadi. Mengingat untuk situasi saat ini mahasiswa tidak menggunakan fasilitas dari pihak kampus sediakan maka jika kuliah daring dilanjutkan SPP dari mahasiswa dikembalikan sebagian.

"Jadi kesimpulan menurut saya ada dua pilihan untuk nasib atau kelanjutan semester genap ini yaitu; semester genap ini di tangguhkan atau kuliah dalam jaringan/online tetapi SPP mahasiswa sebagian dikembalikan". Tutup Wahyu.(*)

VIDEO PILIHAN