Mohon tunggu...
ibs
ibs Mohon Tunggu... @ibnusie

abis ngopi kita rabi

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Mencari Gen Olahraga Nasional

12 September 2019   19:32 Diperbarui: 12 September 2019   19:32 25 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencari Gen Olahraga Nasional
Diolah Penulis dari Pixabay

Tidak larut dalam perseturuan KPAI dan PB Djarum terlalu jauh dan melihat duduk perkaranya dengan jernih adalah hal terbaik untuk kita lakukan. Sebab, dampak kurang baik bagi keolahragaan nasional bukan tak mungkin terjadi.

Dalam keterangan resmi KPAI, pihaknya menyatakan bukan menuntut untuk menghentikan audisinya melainkan eksploitasi anak di dalamnya.

"Bukan audisinya yang kami minta dihentikan, tetapi eksploitasi anaknya. Kami sepakat bahwa terjadi eksploitasi anak dalam audisi tersebut", ucap Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty.

Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan menjadi dasar gugatan KPAI terhadap PD Djarum. Audisi beasiswa bulutangkis Djarum, menurut KPAI, diduga melanggar peraturan itu.

Dalil lain yang mendasari KPAI adalah Pasal 35 Ayat (1) huruf c Peraturan tersebut, pengendalian promosi produk tembakau dilakukan dengan tidak menggunakan logo dan/atau merek produk tembakau pada suatu kegiatan lembaga dan/atau perorangan.

Lalu Pasal 37 yang menyatakan sponsor industri rokok hanya dapat dilakukan dengan tidak menggunakan nama merek dagang dan logo produk tembakau termasuk brand image produk tembakau.

"Logo dan warna yang digunakan dalam audisi bulutangkis tersebut tidak lepas dari brand image produk rokok," ujar Hikmawatty.

Pihak terkait pun sudah mengklarifikasi bahwa PB Djarum adalah yayasan, yang tentu berbeda dari Djarum sebagai produsen rokok, yakni perseroan.

***

20 Agustus 2016, pelari cepat jarak pendek asal Jamaika, Usain Bolt, memenangkan medali emas lari estafet nomor 4x 100 meter pada ajang bergengsi Olimpiade 2016 di Rio Janeiro, Brasil.

Atas raihan medali itu Bolt dinobatkan sebagai sprinter terbaik sepanjang masa: satu-satunya orang yang mampu memenangi tiga nomor beruntun dalam tiga Olimpiade terkahir, alias triple-triple. Sebelumnya diraih pada Olimpiade 2008 di Beijing, China, dan Olimpiade 2012 di London, Inggris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x