Mohon tunggu...
Ibnu Riyadi
Ibnu Riyadi Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 1 Cidaun

Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.1

23 September 2022   15:00 Diperbarui: 23 September 2022   15:03 195 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Refleksi bisa diterapkan dengan berbagai cara di antaranya refleksi dengan lisan, refleksi melalui jurnal, refleksi dengan video, refleksi menggunakan catatan bisa juga dengan memanfaatkan berbagai aplikasi yang lebih menarik. Ernesta menjelaskan ada banyak model dalam melakukan refleksi, salah satu model refleksi yang dapat diterapkan yakni 4F: Fact, Feeling, Finding, Future. (1) Fact: Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembekalan pada hari ini? 

Ceritakan juga hambatan atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran hari ini?; (2) Feeling: Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut?; (3) Finding: Ceritakan yang anda pelajari pada hari ini? Elaborasi cerita Anda dengan pembelajaran yang paling berkesan?; (4) Future: Ceritakan manfaat pembelajaran pada hari  ini  untuk  peran  Anda di sekolah. 

Pentingnya melakukan refleksi juga didasarkan pada pesan Allah SWT. yaitu setiap manusia dianjurkan untuk selalu bercermin atau muhasabah diri. Hal ini dikuatkan dalam ayat Alquran yaitu:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Hasyr :18).

Dari terjemahan tersebut, jelas sekali Allah SWT meminta orang-orang yang beriman untuk merefleksi diri agar selalu menjadi diri yang lebih baik dari waktu ke waktu sebagai bekal hari esok di akhirat.

Setelah mempelajari modul 1.1 Pendidikan Calon Penggerak Angkatan VI ini saya ingin membuat refleksi dwi mingguan dengan menggunakan model refleksi 4P yaitu peristiwa, perasaan, pembelajaran dan penerapan. Model ini dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

1. FACTS/PERISTIWA

Pada saat pertama kali mengikuti program calon guru penggerak ini mulai dari kegiatan Pembukaan, Pre-Test, Eksplorasi Konsep, Elaborasi, Lokakarya sampai dengan Aksi Nyata sangat berkesan sekali. Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) tentang pendidikan sejatinya mengubah pola pikir bagaimana guru mengantarkan siswa pada pendidikan yang mengarah ke kodrat alam dan kodrat zaman.

2. FEELINGS/PERASAAN

Perasaan selama mengikuti pendidikan Calon Guru Penggerak pada modul 1.1 ini ada kekhawatiran, mulai dari perasaan bagaimana nanti jika tidak bisa mengikuti kegiatan sepenuhnya, tidak bisa menyelesaikan tugas di LMS, sakit pada saat kegiatan, ataupun kendala teknis misalnya masalah jaringan internet. Tentu saja ada juga suatu harapan saya, yaitu dukungan dari mulai keluarga, pimpinan, rekan sejawat, teman-teman sesama Calon Guru Penggerak, Fasilitator dan Pengajar Praktik.

3. FINDINGS/PEMBELAJARAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan