Mohon tunggu...
Ianawati shaleha
Ianawati shaleha Mohon Tunggu... Pebisnis herbal dan penulis

Pebisnis herbal HNI HPAI, Penulis buku Antologi cahaya hijrah,

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Wabah Covid-19 Tak Kunjung Henti, Ini Dia Cara Mengantisipasinya

15 Februari 2020   21:32 Diperbarui: 15 Februari 2020   21:42 53 0 0 Mohon Tunggu...



Mewabahnya penyakit yang disebabkan Covid-19 hingga melampaui batas negara tempat  dimana virus tersebut berasal telah mendapat perhatian serius dunia, bahkan WHO sendiri sebagai Badan Kesehatan Dunia yang menangani persoalan kesehatan dibawah naungan PBB telah menyatakan status darurat global wabah virus Corona. 

Demikian pula Singapura telah meningkatkan kewaspadaan dari warna kuning ke orange, artinya penyebaran Covid-19 telah menjadi persoalan yang serius dan dikhawatirkan membahayakan masyarakat luas di negeri 1001 larangan tersebut. 

Hingga kini Sabtu, 15 Januari 2020 jumlah korban meninggal terus bertambah hingga mencapai 1.525 orang dan yang terinfeksi 67.079 berdasarkan data Johns Hopkins University Center for Systems Science and Engineering (JHU CCSE).

Tentu saja akan muncul kekhawatiran juga bila Covid-19 itu sampai singgah ke negeri ini. Meskipun hingga kini Indonesia belum terverifikasi suspect positif Covid-19, beragam antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19  telah dilakukan pihak pemerintah.

Dilansir dari media online, bisnis.tempo.co,
Surat Edaran Nomor SE. 5 Tahun 2020, yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut ini berisikan beberapa instruksi untuk seluruh Penyelenggara Pelabuhan yang ada di seluruh Indonesia guna melakukan identifikasi yang dibutuhkan terhadap kedatangan semua kapal yang melayani pelayaran luar negeri, baik langsung maupun transit, khususnya dari negara-negara yang terinfeksi virus corona.

Demikian pula 64 RS BUMN telah melakukan kesiapsiagaan terhadap penyebaran infeksi Covid-19, terutama RS Pertamina telah bersiaga penuh dengan menjalin kerja sama yang baik dengan Kementerian Kesehatan, kantor kesehatan pelabuhan, dan rumah sakit rujukan infeksi yang ditunjuk oleh pemerintah.
Sebagaimana dikutip dari media galamedianews.com.

Perusahaan juga melakukan langkah antisipasi dengan memberi himbauan kepada para karyawan untuk cuti dulu melakukan perjalanan ke negeri yang terdampak virus corona, diharapkan bisa memanfaatkan fasilitas konferensi video dengan pihak yang berada di luar negeri.

Lantas sebagai bagian dari masyarakat hal apa yang patut dilakukan dalam rangka mengantisipasi mewabahnya Covid-19?
Beberapa hal berikut yang perlu mendapat perhatian:

1. Menghindari bepergian ke negeri yang terjangkit virus corona, Tiongkok, China.
Demikian pula ke negeri yang terdampak virus corona, misal Singapura, Amerika, Eropa, Jepang, Korsel, Hongkong, dsb

2. Menggunakan masker secara benar di tempat yang potensial tersebarnya Covid-19 . Terdapat dua tipe masker untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

Masker sekali pakai yang biasa dipakai secara umum, dengan harga yang cukup terjangkau dikenal dengan masker bedah atau surgical mask. Cara pakainya menutupi hidung, mulut dan dagu. Bagian yang berwarna menghadap ke luar, sedangkan yang putih menghadap ke dalam karena berbahan yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Jenis masker yang kedua dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara namanya masker N95.
Jenis masker ini lebih direkomendasikan untuk mengantisipasi terpaparnya virus corona, namun sayang kurang nyaman dan harga relatif lebih mahal.
Ketika melepas masker hindari pula memegang bagian depan karena telah terpapar kuman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x