Mohon tunggu...
Zikra Mustinovan
Zikra Mustinovan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Also Known as Novan

Deskripsi yang harus diisi dengan hal yang secara relatif tidak berguna atau menarik.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Kenapa Orang Memberi Ulasan Bintang Satu

18 September 2021   14:14 Diperbarui: 18 September 2021   14:42 576
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernahkah lihat ulasan bintang satu yang ada di situs-situs atau aplikasi yang mempunyai ulasan yang ada. Umumnya, kita melihat ulasan yang kritis, ada juga yang sifatnya konstruktif, bahkan sampai ada yang ulasannya sampai dibawa ke masalah priibadi. Tapi terkadang juga ada ulasan bintang satu yang tidak masuk akal sama sekali, bahkan kalau dibilang jahat.

Oleh karena itu, inilah sejumlah alasan dari ulasan bintang satu yang ada. Sebelum itu, dapat dikatakan ada banyak alasan, tapi untuk mempersingkat, maka alasan tersebut akan dibuat dari kategorinya masing-masing.

  • Kurangnya Pengetahuan Dari Produk yang Dijual

    Sumber: twitter.com/txtdarionlshop 
    Sumber: twitter.com/txtdarionlshop 
    Pernahkan melihat orang-orang yang biasanya tidak membaca instruksi dari suatu produk atau barang yang ia punya sebelum menggunakan barang tersebut. Ya, orang yang seperti ini adalah orang-orang yang memang tidak tahu deskripsi dari suatu produk yang dijual, bahkan informasi yang diperlukan ketika melihat produknya. Itu kenapa orang-orang yang seperti ini memberi kesan yang buruk, dan bahkan menimbulkan motto "pelanggan bukanlah raja".

  • Ketidaksesuaian/Kesalahan Teknis

    Umumnya ini jatuhnya sebagai penyalahtindakan dari penjual produk atau kurangnya kepuasan yang memang sangat menggangu baik dari masalah teknis, harga, atau bahkan personal. Sekarang, yang perlu kita tahu adalah biasanya ketika menyangkut dari masalah teknis, itu bisa berasal dari penjual yang memang tidak peduli atau benar-benar mencari celah supaya barang jelek yang dijualnya tidak dikembalikan.

    Salah satu contoh yang bisa dianggap wajar yaitu dari komentar konstruktif pada suatu aplikasi dari contoh gambar di bawah.

    Sumber: Screenshoot Pribadi
    Sumber: Screenshoot Pribadi
    Atau bisa juga karena barang yang dikirim tidak sesuai dari deskripsi produk yang tertera.

    Sumber: instagram.com/dramaolshop.id
    Sumber: instagram.com/dramaolshop.id

    Atau untuk yang paling ekstrim adalah kasus drama pengembalian barang yang sengaja dikirim ke Papua untuk mempersulit pembeli/pelanggan, yang merupakan praktik yang buruk.

Sumber: facebook.com/ECommerceShitposting/posts/896455224433726/
Sumber: facebook.com/ECommerceShitposting/posts/896455224433726/

Dalam pemberian ulasan bintang satu dalam kasus seperti ini, ada poin-poin yang valid yang dapat memberi kesan yang konstruktif dan ada pula yang memang hanya gak suka karena produknya yang populer atau over rated yang terkadang membuat semua hal tersebut menjadi diperdebatkan. Itulah kenapa, ketika melihat ulasan bintang satu dalam kasus ini, harus terdapat pertimbangan baik dari pembeli dan penjual produk tersebut. Dan, terkandang hal tersebut tidak semudah kelihatannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun