Mohon tunggu...
I NyomanTri Guna Juliawan
I NyomanTri Guna Juliawan Mohon Tunggu... Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Singaraja Prodi Ilmu Komunikasi

Tetap Semangat Pasti Berhasil

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Dampak Positif dan Negatif Gaya Hidup dan Perkembangan Media Sosial di Masyarakat Urban

5 Desember 2020   19:19 Diperbarui: 5 Desember 2020   19:22 31 0 0 Mohon Tunggu...

Saat ini kebutuhan akan perkembangan media sosial dalam masyarakat semakin meningkat, baik itu media sosial informasi maupun telekomunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah kebawah dan golongan menengah ke atas. Semua individu sangat membutuhkan media sosial untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok. 

Perkembangan media sosial ini yang saat ini sangat cepat adalah alat komunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk dan kecanggihannya. Perkembangan komunikasi itu sendiri sebenarnya sejalan dengan kehidupan serta keberadaan dari manusia itu sendiri.

Perkembangan media sosial saat ini memiliki dampak global. Artinya, jika dahulu Anda memiliki keterbatasan jarak untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain tidak demikian dengan sekarang. 

Tidak terbatas antar kota dan antar wilayah saja, komunikasi saat ini dapat terjalin bahkan ke semua orang yang ada di seluruh penjuru dunia. Bukan hanya itu saja, Anda pun dapat terhubung dengan sangat cepat bahkan dalam hitungan detik saja.

Disamping memberikan banyak dampak positif, ternyata masih ada dampak negatif yang bisa terjadi dalam perkembangan gaya hidup masyarakat urban di media sosial saat ini. Kemajuan media sosial yang ada sekarang justru menurunkan semangat juang bagi sebagian orang. Karena segalanya terasa mudah, banyak murid misalnya yang hanya murni melakukan copy paste dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

kemajuan media sosial ini juga memicu maraknya kejadian  penipuan onlineshop dan kejahatan virtual seperti hacking dan carding juga telah merugikan banyak orang. Oleh sebab itu kita harus lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi online agar tidak terjerumus dalam penipuan.

Pesatnya perkembangan media sosial yang ada sekarang juga menyerang kehidupan sosial masyarakat. Tindakan cyberbullying, penyebaran berita hoax, ujaran kebencian dan konten pornografi dinilai cukup meresahkan. Efek yang ditimbulkan pun bukan perkara sepele karena akan merusak generasi bangsa dan memecah belah persatuan.

Demikian informasi terkait dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan media sosial dalam masyarakat urban saat ini.  Anda sebagai warga negara yang baik harus lebih bijak dan jeli dalam memanfaatkan media sosial yang ada sekarang. Semoga kedepannya akan selalu ada solusi yang dapat memberantas dampak negatif yang kemungkinan akan semakin meningkat.

I NYOMAN TRI GUNA JULIAWAN
ILMU KOMUNIKASI STAHN MPU KUTURAN SINGARAJA

VIDEO PILIHAN