Mohon tunggu...
Iksan Mahar
Iksan Mahar Mohon Tunggu...

Pecinta musik dan bola | Pelancong | Pemimpi | iksanmahar@live.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Lupakan Messi, Griezmann Rival Anyar Ronaldo

11 Juli 2016   23:05 Diperbarui: 11 Juli 2016   23:16 349 4 0 Mohon Tunggu...

Lupakan rivalitas antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang sudah berjalan nyaris satu dekade terakhir. Kini, Ronaldo memiliki rival baru pada diri Antoine Griezmann.

Musim ini rivalitas Ronaldo dan Griezmann sudah menguasai daratan Benua Biru. Derby Madrid di Final Liga Champions, lalu pertemuan Portugal melawan Perancis di partai pamungkas Piala Eropa 2016 menjadi penandanya. Pada dua duel terakbar tahun ini CR7 memang masih menunjukkan kedigdayaannya atas Griezmann.

Namun, jangan menepikan potensi besar dalam diri bintang Atletico Madrid itu. Di usia yang baru menginjak ke-25, Griezmann sudah berhasil mencuri panggung Messi di babak perempatfinal Liga Champions musim 2015/2016. Ia pula dua kali berturut-turut mempencundangi kiper terbaik di dunia saat ini, Manuel Neuer, di babak semifinal Liga Champions dan Piala Eropa 2016.

Ia memiliki tinggi yang terbilang mungil bagi orang Eropa, yakni 1,75 meter. Angka itu berbeda 10 cm dibanding sang megabintang Portugal. Ia juga tidak memiliki kekuatan kaki dan otot leher sekokoh Ronaldo yang mampu melakukan lompatan hingga 1 meter dan memberikan tandukan mematikan bagi penjaga gawang lawan. 

Tetapi, ia memiliki kecepatan dan penempatan posisi yang baik, sehingga bisa berada di posisi menguntungkan untuk mencetak gol dengan kepalanya. Hal itu telah ia tunjukkan ketika satu tandukannya menjadi penyemangat Perancis usai tertinggal lebih dahulu oleh Republik Irlandia di babak 16 besar Perancis 2016.

Saking besarnya peran Griezmann bagi Perancis, tak heran 13 panel pemantau teknis UEFA yang terdiri, di antaranya, Sir Alex Ferguson, Gareth Southgate, Savo Milosevic, Thomas Schaaf, dan Jean-Paul Brigger, memberikan suara bulat kepada Griezmann sebagai pemain terbaik Piala Eropa 2016. Enam gol dan dua asis merupakan bukti akurat sinar terang kebintangannya.

Manajer Arsenal Arsene Wenger pun menjagokan Griezmann sebagai pesaing Ronaldo sebagai kandidat pemain terbaik dunia 2016. “Bagi saya, Griezmann adalah kandidat peraih bola emas (Ballon d'Or). Ia memiliki keuntungan usia dan penampilannya di Piala Eropa adalah hal luar biasa. Tahun ini ia juga melaju ke final Liga Champions dengan mencetak gol di seluruh partai besar, tanpa menyebut 22 gol di La Liga, mengapa tidak Ballon d'Or?” kata Wenger dikutip dari laman FourFourTwo.

Pandangan Wenger tentang “Grizou” diamini pula oleh legenda Barcelona dan Bulgaria, Hristo Stoichkov. Menurut dia, penampilan Griezmann telah mengejutkan seluruh pasang mata dan telah memainkan sepakbola yang spektakuler.

Namun,Griezmann tidak mau jumawa dan memilih rendah hati atas segala pujian yang ditujukan padanya. Bahkan, ia menjagokan Ronaldo untuk meraih Ballon d'Or keempat.

Ya, Griezmann tidak salah ucap dengan mengunggulkan Ronaldo. Selama kampanye 2015/2016, CR7 telah mempersembahkan gelar ke-11 Real Madrid di pentas Liga Champions, serta meraih gelar teristimewa yakni Piala Eropa perdana bagi Tanah Airnya Portugal.

Di level individu, pria berusia 31 tahun itu secara konsisten mencetak 50 gol lebih dalam enam musim beruntun bagi El Real. Lalu, memegang rekor pencetak gol sepanjang masa Real Madrid, pencetak gol terbanyak di Liga Champions, menjadi pesepakbola pertama yang mencetak gol di empat turnamen Piala Eropa, dan, terakhir, menyamai sembilan gol Michel Platini sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Eropa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x