Mohon tunggu...
Handi DWiP
Handi DWiP Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

Menulis untuk menghabiskan waktu. Blog pribadi hydarnusnote.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Pentingnya Bahasa Inggris

19 September 2022   15:13 Diperbarui: 19 September 2022   15:14 267 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, di Indonesia sendiri bahasa Inggris digunakan dalam beberapa kegiatan sehari-hari. Namun, keterampilan orang Indonesia dalam manggunakan bahasa Inggris masih terbilang cukup rendah. Tidak sedikit yang bilang bahasa Inggris tidak terlalu penting. Di sini gue akan menjawab, penting ga sih bahasa Inggris?

Di Indonesia sendiri bahasa Inggris sudah diajarkan sejak kelas 1 SD. gue sendiri waktu SD ngga begitu memahami bahasa Inggris, paling cuma yes sama no. Sejak akhir kelas 5 gue mulai les bahasa Inggris karena orangtua gue yang khawatir nilai gue bakal jeblok dan ga lulus SD nantinya.

Awalnya emang ga enak, susah dan pengen muntah aja rasanya. Tapi lama kelamaan gue jadi menikmati. Kemampuan bahasa Inggris gue justru mulai berkembang setelah gue lulus SD. Mulai saat itu gue mempelajari kata-kata baru yang belom gue tau bahasa Inggrisnya atau sebaliknya. Gue biasanya nemu kata-kata baru dari video game, lirik lagu, dan film-film.

Nah sebenernya penting ga sih bahsa Inggris itu? Kalo menurut gue pribadi sih penting. Kenapa? Karena gue yakin penggunaan bahasa Inggris akan semakin banyak dibutuhin di masa depan. Semakin banyak teknologi yang akan menggunakan bahasa Inggris, meskipun sekarang di hp sudah bisa menggunakan bahasa Indonesia, tetap saja dalam beberapa hal ketika diterjemahkan itu ga sesuai dengan arti yang dimaksudkan atau kemana-mana.

Buat kalian yang khawatir sama kemampuan bahasa Inggris kalian, cara termudah buat bisa berbahasa Inggris yaitu dengan cara gue, pelajari aja kata-kata yang belom kalian tau artinya. Misal 1 hari 1 kata atau mungkin 50 kata 1 hari, bisa ditulis dibuku catatan atau hp atau komputer yang buat kalian nyaman belajar.

Bagimana dengan grammar? Dari pengakuan orang-orang luar banyak kok yang "ga peduli" sama grammar ketika digunakan dalam bahasa sehari-hari, mereka juga sebenernya ga jago-jago amat sama grammar. Ini sama kayak kita yang ada pelajaran bahasa Indonesia tapi dapet nilai ga pernah lebih dari 80.

Grammar memang penting, tapi kalau dipelajari secara otodidak mungkin bakal agak sulit. Gue memanfaatkan masa sekolah dan kuliah cuma buat memperbaiki grammar, selebihnya kata-kata itu udah gue pelajaari sendiri, dari verb 1 sampai 3, hampir semua gue pelajarin sendiri. Jadi ya, kalo misalnya kalian udah ga kuliah, kalian bisa ambil pelatihan buat belajar grammar.

Dalam beberapa kasus bahasa Inggris sangat dibutuhkan, salah satunya adalah melamar pekerjaan. Beberapa posisi pekerjaan yang akan dilamar biasanya meminta untuk memperlihatkan hasil tes baik berupa TOEFL maupun hasil tes bahasa Inggris lainnya. Dan tentu nilai yang diharapkan tidak rendah.

Mulai aja pelan-pelan, gue bilang di atas tadi gue belajar kata-per kata, kalian juga bisa belajar sebuah idiom misal "piece of cake" yang secara arti "gampang banget" Walaupun secara kata per kata bukan itu artinya, biasanya ada di film-film dan video game. Pelajari saja dulu kata-kata yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ya kalo udah kerja, cari kata-kata yang berhubungan pekerjaan kalian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan