Mohon tunggu...
Handi DWiP
Handi DWiP Mohon Tunggu... Blogger

Menulis untuk menghabiskan waktu. Blog pribadi hydarnusnote.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Bulan Puasa Waktu yang Tepat Menghemat Belanja

18 April 2021   12:59 Diperbarui: 18 April 2021   13:20 133 2 0 Mohon Tunggu...

Bulan puasa adalah bulan untuk menahan, tidak hanya menahan lapar tetapi juga menahan keuangan. Nah, gimana sih supaya keuangan ga bocor di saat bulan puasa, apalagi banyak godaan-godaan yang meningkatkan hasrat ingin membeli sebuah barang terutama makanan. Ada sedikit tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk sedikit menekan belanja nih, yuk simak

Yang pertama adalah membeli makanan untuk berbuka dan sahur secukupnya. Seperti yang sudah dikatakan di atas, pasti hasrat ingin membeli makanan saat puasa akan meningkat apalagi semakin banyak juga pilihan-pilihan makanan yang dijual oleh para penjual takjil. Terkadang sampai bingung untuk menentukan makanan yang mana yang mau dibeli, akhirnya malah membeli semua yang mau kita makan apapun itu. Daripada begitu, lebih baik selalu ingat kalau dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis. Masih banyak yang salah mengartikan, berbuka dengan yang manis ini dimaksudkan untuk sekedar membatalkan puasa, sehingga kadar manis yang dikonsumsi itu cukup untuk tubuh. Setelah beribadah barulah memakan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Nah dengan begitu bisa lebih dipilih-pilih lagi yang mana makanan yang harus kita beli dan tidak sembarangan membeli makanan yang serba manis ataupun makanan yang mengandung banyak lemak.

Yang kedua mengatur budget untuk sahur dan berbuka. Nah karena sudah tau kecukupan apa yang dibutuhkan, lebih baik lagi kalau mengatur budget untuk membeli bahan-bahan makanan. Dengan begitu bisa dipilih mana bahan yang terjangkau namun tetap bisa menjaga kebutuhan gizi tubuh.

Yang ketiga adalah godaan untuk membeli barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan. Karena kebosanan yang melanda, beberapa orang mungkin memilih untuk berjalan-jalan ke mall atau tempat berbelanja. Sebisa mungkin untuk menghindari tempat tersebut di siang atau sore hari, karena kondisi tubuh yang kurang cairan dapat memengaruhi pikiran untuk mengontrol emosi dan terkadang mengabaikan kesadaran dalam mengambil sebuah keputusan. Bisa jadi, yang tadinya hanya melihat sebuah barang, karena barang tersebut memiliki warna yang kita suka, atau bentuk yang kita suka, kita secara tidak sadar akan membeli barang tersebut walaupun sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Dan karena sekarang ini sudah dipenuhi dengan teknologi canggih dan modern, sebisa mungkin juga menghindari aplikasi-aplikasi belanja online di siang atau sore hari sebelum berbuka.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk mengelola keuangan di saat berpuasa.

VIDEO PILIHAN