Mohon tunggu...
Den Ciput
Den Ciput Mohon Tunggu... Penulis - I'm a writer...

Just Ordinary man, with the Xtra ordinary reason to life. And i'm noone without God.. http://www.youtube.com/c/ChannelMasCiput

Selanjutnya

Tutup

Balap

Brawn GP: With or Without You

7 Juli 2022   18:06 Diperbarui: 7 Juli 2022   18:19 103 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mclaren MP4-4, mendominasi lima belas balapan dalam enambelas balapan satu musim! ( Foto: Road & Track)

Bagi pecinta Formula 1 masa kini, mungkin hanya tahu Honda, bahwa mereka pemasok buat tim Juara, Redbull.

Dan seandainya Anda seorang yang sudah sangat senior, tentu tahu, paling tidak pernah dengar bahwa dimasa lampau ada satu-satunya tim Asia bernama Honda diantara kepungan tim Eropa dan dominasi mesin era Ford ( Seri DFV).

Momen itu terjadi pada GP Jerman pada musim 1964. ya, itulah pertama kali Honda terlibat dalam balapan Formula 1, sebelum akhirnya mereka undur diri pada musim 1968.

Honda bukan pemasok, saat itu Honda sebagai konstruktor. Sekali lagi, hanya seorang petrolhead yang tahu dengan baik tentang debut Honda yang tak lama.

Setelah mundur, Honda comeback, sebagai pemasok di era delapan puluhan.

Beberapa tim sempat di pasok mesin oleh Honda, diantaranya Williams, Lotus, Spirit dan terakhir membawa McLaren ke kondisi puncak pada tahun 1988 dan kerjasama mereka berakhir begitu saja pada tahun 1991, 

setelah meninggalkan sejumlah kenangan manis buat McLaren, Ayrton Senna dan Alain Prost yang merasakan bagaimana kencangnya mesin Honda yang dipasang pada sasis McLaren.

Selain kisah manis, ada kisah yang nggak enak didengar terkait rivalitas keduanya semasa di Woking (markas McLaren).

Tak lain adalah sikap Honda yang pilih kasih, memberi perlakukan khusus pada Ayrton Senna dengan settingan khusus pada mesin McLaren MP4 -4 sehingga mengantar Senna menjuarai seri mengungguli Prost.

Honda berhasil membawa tim-tim yang di pasok mesinnya menjuarai seri pembalap maupun konstruktor sedari tahun 1986 sampai dengan tahun 1991, dan mundur ketika di puncak!

Selesaikah kisah Honda di grid setelah 1991?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan