Mohon tunggu...
Jurnalis Cendekia
Jurnalis Cendekia Mohon Tunggu... Jurnalis - Aktivis-Ekonom-Penulis

Penulis merupakan lulusan Sarjana Ekonomi Universitas Islam negeri Alauddin Makassar

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Membumikan Gerakan Pramuka, Giat Kerja Bakti Pramuka di Kecamatan Biringbulu

10 April 2018   19:46 Diperbarui: 10 April 2018   20:03 884 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membumikan Gerakan Pramuka, Giat Kerja Bakti Pramuka di Kecamatan Biringbulu
Suasana Kegiatan Kerja Bakti Yang dilaksanakan oleh Ambalan KH.Ahmad Dahlan I Patimang Daeng Tukontu Kwarran Biringbulu (11/2/2018)

Gerakan Pramuka  mendidik dan membina kaum muda Indonesia dengan tujuan agar mereka menjadi manusia berkepribadian, bertakwa dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Salah satu janji pramuka (Trisatya) berbunyi "menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri/ikut serta membangun masyarakat.

Bentuk implementasi dalam keikutsertaan Pramuka dalam membangun masyarakat adalah Bakti masyarakat. Bakti masyarakat mengandung arti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kepentingan masyarakat. Sebagai mahluk Individu  Seorang pramuka  selalu berproses sepanjang hayatnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik lahir maupun batin. 

Sebagai mahluk sosial seorang pramuka selalu berusaha untuk dapat menyesuaikan diri dengan anggota masyarakat yang lainnya, hidup berdampingan, saling menghormati, saling menolong, saling bekerja sama dan bantu membantu, sehingga akan terjalin kehidupan bermasyarakat yang harmonis, dan sebagai mahluk tuhan seharusnyalah seorang pramuka selalu berusaha meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang maha Easa dengan berusaha beribadah sesuai dengan petunjuk-petunjuk Nya dan meninggalkan larangan-larangan Nya. 

Sejalan dengan  hal tersebut Ambalan KH.Ahmad Dahlan-I Patimang Daeng Tukontu  Kwartir Ranting Biringbulu melaksanakan giat Kerja bakti. Giat kerja bakti ini telah beberapa kali dilaksanakan yang pertama pada tanggal  11 Februari 2018, Kedua pada  tanggal 25 Februari 2018 dan baru baru ini  pada tanggal 8 April 2018.  

Kerja bakti tersebut bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan, dan sebagai ajang menempah diri peserta didik dalam menjalankan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka untuk mewujudkanpara kader  generasi penerus  yang memajukan daerahnya.

Ka Mabigus (Tengah) Ambalan KH. Ahmad Dahlan- I Patimang daeng Tukontu bersama Aparat Desa Batumalonro terlibat langsung pada kegiatan kerja bakti di Kantor Desa Batumalonro (8/4/2018)
Ka Mabigus (Tengah) Ambalan KH. Ahmad Dahlan- I Patimang daeng Tukontu bersama Aparat Desa Batumalonro terlibat langsung pada kegiatan kerja bakti di Kantor Desa Batumalonro (8/4/2018)
Kerja bakti tersebut dilaksanakan di tiga tempat  dan agenda yang berbeda yaitu aksi bersih-bersih di Puskesmas Batumalonro (11/2/2018) dan di Kantor desa Batumalonro (8/4/2018) serta membantu pembangunan perpustakaan desabekerjasama dengan BEM Fak.Psikologi UNM di Desa Baturappe Kec. Biringbulu (25/2/2018). 

Ambalan KH.Ahmad Dahlan-I Patimang Daeng Tukontu   dibawah pimpinan Ketua Mabigus Baharuddin,S.Pd. bertekad  membawa nama gerakan Pramuka dalam memberi warna pada masyarakat sekitarnya,dalam kesehariannya  Satuan Pramuka yang berada pada wilayah Kwartir Ranting Biringbulu dan Masuk dalam Jajaran Kwartir Cabang Gowa tersebut mempunyai puluhan anggota yang melaksanakan latihan rutin satu kali dalam seminggu.  

Sehingga kegiatan seperti kerja bakti dan lainnya dapat dilaksanakan dengan baik. Respon positif dari berbagai pihak  juga terlihat di setiap kegiatan kerja bakti, seperti keterlibatan  Aparat desa, dan petugas kesehatan puskesmas  Batumalonro. 

Foto bersama Anggota Pramuka Ambalan KH.Ahmad Dahlan I Patimang Daeng Tukontu Setelah selesai melaksanakan kerja bakti pembangunan perpustakaan desa di Desa Baturappe Kec. Biringbulu (25/2/2018)
Foto bersama Anggota Pramuka Ambalan KH.Ahmad Dahlan I Patimang Daeng Tukontu Setelah selesai melaksanakan kerja bakti pembangunan perpustakaan desa di Desa Baturappe Kec. Biringbulu (25/2/2018)
Jika dilihat dari tujuan dibentuknya Gerakan Pramuka yang tercantum dalam Undang-Undang No.12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, membumikan  Gerakan Pramuka merupakan sebuah keniscayaan.  

Sebagai wadah aktualisasi diri  para generasi muda, setiap anggota gerakan Pramuka sudah selayaknya memberi dampak positif bagi lingkungan di sekitarnya, dengan segala tantangan dan dinamika yang ada sehingga melahirkan para kader-kader yang mampu memajukan masyarakat demi terwujudnya Indonesia yang berkepribadian, maju, dan mandiri.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x