Mohon tunggu...
Yoel Jonly Pontowulaeng
Yoel Jonly Pontowulaeng Mohon Tunggu... Operator - Humas Kumham Sulut
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Kontributor Berita Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tahuna

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Rayakan Idul Fitri1445 Hijriah, Lapas Tahuna Laksanakan Sholat Ied Berjamaah

10 April 2024   14:34 Diperbarui: 10 April 2024   14:39 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Humas Lapas Tahuna

Tahuna, INFO_PAS - Dalam Kebahagian merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tahuna melaksanakan Sholat Idul Fitri (Ied) 1 Syawal 1445 Hijriah bagi Pegawai Lapas Tahuna bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bertempat di Mesjid At-Taubah. Turut Hadir Kepala Lapas Kelas IIB Tahuna, Suharno dan Kepala Lapas Kelas III Enemawira Yongki Yulianto. Rabu (10/04).

Bertindak selaku imam dalam sholat Ied Penyuluh Agama Islam (PAI) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepulauan Sangihe, ust.Fahruddin dalam khutbahnya mengajak jamaah yang hadir terlebih Warga Binaan agar pertemanan di dunia ini harus berdasarkan nilai-nilai akidah Islam. "Apabila pertemanan tidak bernilaikan ibadah, kelak di akhirat akan menjadi permusuhan. Tetapi jika pertemanan karena nilai-nilai akidah kebaikan agama, maka akan menjadi rahmatan," terangnya.

Dalam pertemanan kita harus memilih teman yang baik dan mempunyai nilai-nilai kerohanian yang baik. "Apabila disatu desa tidak ada teman yang baik, maka diwajibkan untuk hijrah ditempat atau desa lainnya. Apabila desa yang lainnya juga tidak ditemui teman yang baik baik, berakidah akhlakul karimah diharapkan harus hijrah ketempat yang lain sampai mendapatkan teman yang membawa manfaat dalam pergaulan," jelas ust.Fahruddin.

Dalam kesempatan ini, Kepala Lapas Kelas IIB Tahuna, Suharno mengucapkan selamat Idul Adha 1443 H bagi seluruh warga binaan maupun petugas Lapas Tahuna, "Selamat merayakan hari raya Idul Adha 1443 H bagi seluruh warga binaan, juga petugas Lapas Tahuna, kegiatan ini sebagai wujud ketaqwaan kita kepada Allah, juga sebagai pelaksanaan pembinaan kerohanian dan kepribadian bagi warga binaan semua," ucapnya.

"Di Hari Raya Idul Fitri ini juga adalah kesempatan yang baik untuk saling memaafkan dan saling menghapus segala dosa yang ada di antara kita. mudah-mudahan dengan saling memaafkan kita dibebaskan diri dari semua kesalahan dan kekhilafan yang pernah kita lakukan," ujar Suharno.


Kepala Lapas Kelas IIB Tahuna, Suharno juga mengingatkan kepada Warga Binaan untuk memaknai Hari Raya Idul Fitri Sebagai momen untuk berbenah diri serta berperilaku baik selama menjalani masa pidana dan tetap mengikuti setiap program pembinaan yang dilaksanakan di dalam Lapas Tahuna.

"Ikuti setiap Program Pembinaan yang dilaksanakan di Lapas Tahuna dan tetap menjaga sikap dan perilaku yang baik, karena hal ini dapat berpengaruh pada Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN) yang nantinya sebagai salah satu syarat dalam pengurusan hak integrasi," tuturnya.

Salah satu hikmah yang dapat dipetik dari Hari Raya Idul Fitri ini adalah terciptanya jalinan silaturahmi di antara Pegawai Lapas Kelas IIB Tahuna dan Lapas Kelas III Enemawira bersama Warga Binaan dalam rangka mempererat Ukhuwah Islamiyah.

Dok. Humas Lapas Tahuna
Dok. Humas Lapas Tahuna

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun