Mohon tunggu...
Humas Lapas Brebes
Humas Lapas Brebes Mohon Tunggu... Lainnya - Lapas Kelas IIB Brebes

Kementerian Hukum dan HAM RI Kantor Wilayah Jawa Tengah Lapas Kelas IIB Brebes

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pastikan Kesehatan WBP, Lapas Brebes dan Dinkes Kabupaten Brebes Adakan Klinik Mobile VCT

21 September 2022   13:07 Diperbarui: 21 September 2022   13:10 30 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

BREBES - Dalam rangka memastikan kondisi kesehatan WBP, Lapas Brebes mengadakan pelayanan klinik mobile VCT. Diikuti oleh sebanyak 40 orang  WBP dari jumlah total sebanyak 289 WBP Lapas Kelas IIB Brebes yang menjalani Tes VCT yang dilangsungkan di Aula Kunjungan Lapas Brebes. Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes,Rabu (21/9).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dokter Endang Maryani selaku Dokter Lapas Brebes yang didampingi oleh Kasubsi Perawatan Lapas Brebes. Kegiatan dibuka dengan penyuluhan tentang kesehatan oleh Dinkes Kabupaten Brebes utamanya yaitu terkait VCT / IMS. Dalam kesempatan ini pula Dokter Lapas menyampaikan terkait VCT/IMS yang dijelaskan melalui pemaparan pengertian,gejala dan cara pencegahannya.

Dalam pengertiannya VCT atau voluntary counselling and testing merupakan sebuah konseling dan tes HIV (KTS). Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, dan pengobatan bagi penderita HIV/AIDS. Diagnosis dini dari pemeriksaan VCT dapat mendeteksi dini supaya ditangani dengan pengobatan yang lebih cepat. Sehingga infeksi HIV tidak terlambat berkembang menjadi AIDS.Dengan adanya penyuluhan dan pemeriksaan ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi WBP Lapas Brebes.

Kalapas Brebes, Isnawan menyampaikan "Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi WBP sehingga dapat mengetahui apa itu VCT. Dan pemeriksaan ini bisa dijadikan sebagai diagnosis dini." Ujar Isnawan.

Sementara itu, Dokter Lapas Brebes, dr. Endang Maryani menambahkan, "Penting bagi WBP untuk mengetahui VCT sehingga dapat mencegah dirinya dari penyakit menular semacam HIV/AIDS." Imbuh Dokter Endang Maryani.

Setelah diberikan penyuluhan terkait VCT/IMS, satu per satu WBP yang mengikuti kegiatan ini melaksanakan pemeriksaan VCT. Tidak menunggu waktu lama, hasil pemeriksaan VCT WBP Lapas Brebes dinyatakan seluruhnya negatif. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para WBP mendapat diagnosis dini dari kegiatan pemeriksaan VCT yang dilaksanakan oleh Lapas Brebes bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes.

*Humas Lapas Brebes*
_Ringan Mencerdaskan_

#KumhamSemakinPasti
#Pemasyarakatan
#KanwilKemenkumhamJateng
#AYuspahruddin
#LapasBrebes
#Isnawan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan