Mohon tunggu...
humas lapasmalang
humas lapasmalang Mohon Tunggu... Penegak Hukum - Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang

Humas Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Penguatan Direktur Kamtib Kemenkumham RI, Kalapas: Komitmen Wujudkan Zero Halinar di Lapas Kelas I Malang!

24 Juni 2022   12:52 Diperbarui: 24 Juni 2022   12:55 20 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Malang -- Jumat (24/06/2022)  Direktur Keamanan dan Ketertiban (KAMTIB) Direktorat  Kemenkumham RI Abdul Aris, melaksanakan kunjungan kerja ke Lapas Kelas I Malang.
Kedatangan Dir. Kamtib disambut langsung oleh Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari dengan didampingi oleh jajaran struktural Lapas Kelas I Malang.

Adapun maksud dari kunjungan kerja tersebut untuk melaksanakan kegiatan penguatan teknis pemasyarakatan dengan tema: Peningkatan Kinerja Bidang Kamtib dan Pencegahan penanggulangan Halinar.  Supervisi, Monitoring dan Evaluasi Bidang Keamanan dan Ketertiban di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan lingkup Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur dimana salah satunya adalah Lapas Kelas I Malang.

Kegiatan diawali dengan pengarahan yang bersifat serius namun santai berupa penguatan integritas oleh Dir. Kamtib yang bertempat di ruang pertemuan Hall Depan Museum Pendjara Lowokwaroe Lapas Kelas I Malang yang ikuti oleh jajaran struktural dan petugas lainnya.

Dalam arahannya, Direktur Keamanan dan Ketertiban, Abdul Aris memberikan instruksi untuk meminimalisir gangguan kamtib agar media-media tidak menyoroti hal-hal negatif di lingkungan Pemasyarakatan. Selain itu, Dir Kamtib juga menceritakan beberapa kasus yang terjadi di dalam lapas/ rutan dimana faktor penyebabnya berasal dari pegawai atau pejabat pengamaman itu sendiri.

Di dalam penguatannya beliau juga menyampaikan agar Bidang Kamtib Lapas Malang dan KPLP segera merubah mindset, bukan hanya memikirkan keamanan blok kamar hunian tetapi juga memikirkan kondisi lingkungan.

Tidak sampai disitu, Abdul Aris menambahkan dalam pengarahannya bahwa ada tiga poin utama yang di tekankan Ditjen Pemasyarakatan dalam menangani gangguan keamanan dan ketertiban.

"Ada 3 poin utama yang kita tekankan kepada UPT Pemasyarakatan dalam menciptakan KAMTIB di dalam Lapas yaitu jalin sinergitas dengan APH, pencegahan Halinar sejak dini, dan pemberantasan Halinar," ucap Abdul Aris selaku Direktur KAMTIB Kemenkumham RI.

Ka.KPLP , dan seluruh jajaran Bidang Keamanan dan Ketertiban Lapas Kelas I Malang tampak antusias sewaktu mengikuti kegiatan tersebut. Lebih lanjut, Pejabat Pengamanan juga dituntut untuk bisa merangkul WBP dengan tidak melakukan tindakan diskriminatif.

Kegiatan dilanjutkan dengan Dir. Kamtib berkeliling dengan didampingi oleh Kalapas Kelas I Malang memantau aktifitas yang berjalan di Lapas Kelas I Malang, diantaranya mulai dari memantau kamera pengawas (CCTV), Mengecek kesiapan Satopspatnal dan Rupam, dilanjutkan meninjau Bimker, Area Lahan ketahanan pangan, dan Blok -- blok hunian di Lapas Kelas I Malang.

"Segala bentuk penyalahgunaan narkoba akan saya berantas dan akan saya tindak tegas, Komitmen Zero Halinar ! di Lapas Kelas I Malang !," tegas Heri Azhari selaku Kalapas Kelas I Malang
Di akhir kata, Dir Kamtib berpesan untuk selalu waspada, karena aman belum tentu tidak ada masalah.

Humas Lapas
Humas Lapas
Humas Lapas
Humas Lapas
Humas Lapas
Humas Lapas
Humas Lapas
Humas Lapas
L'SIMA PASTI APIK!
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan