Mohon tunggu...
Humaniora Aesthetic
Humaniora Aesthetic Mohon Tunggu... Mengikat ilmu dengan menulis

pegiat literasi pemula, menuliskan segala hal tentang pernak-pernik kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Wedang Herbal Tangkal Corona, Begini Cara Buatnya

19 Maret 2020   20:55 Diperbarui: 19 Maret 2020   20:49 163 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wedang Herbal Tangkal Corona, Begini Cara Buatnya
Gambar ilustrasi. Sumber: kompas.com

Humaniora Aesthetic-- Merebaknya virus Covid-19 (Corona) akhir-akhir ini membuat publik waspada terhadap kesehatan. Mengingat virus Corona yang penyebarannya sangat cepat, para pakar kesehatan menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dan disiplin menerapkan prosedur-prosedur medis untuk mencegah penularan Corona. Disamping itu, menjaga dan meningkatkan imun tubuh adalah langkah terbaik untuk terhindar dari Corona.

Upaya meningkatkan imun tubuh dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi tanaman-tanaman herbal dan sejenis empon-emponan. Menurut WHO, belum ada uji secara klinis bahwa tanaman herbal dapat menyembuhkan Corona, namun tanaman herbal mampu meningkatkan imunitas tubuh yang pada gilirannya dapat menangkal virus Corona. Tanaman herbal mengandung curcumin. Sedangkan curcumin banyak terdapat pada kunyit, temulawak, jahe, daun kelor, serai, meniran, dan jinten hitam. Curcumin memiliki zat aktif kurkuminoid yang berfungsi sebagai anti virus dan imunomodulator. Meniran mengandung zat aktif flavonoid yang dapat mengoptimalkan fungsi imun. Serai dan daun kelor kaya akan vitamin dan mineral yang berperan dalam meningkatkan imunitas, serta mampu melawan infeksi virus dan bakteri.

Cara mengkonsumsi bahan-bahan alam di atas dapat dilakukan dengan membuatnya sebagai minuman herbal. Berikut contoh resep minuman herbal yang dapat dibuat untuk menangkal virus Corona.

Wedang Serai

Bahan yang dibutuhkan adalah 750 ml air, 2 sendok makan gula palem, 50 gram gula pasir, 3 cm kayu manis, 8 butir cengkeh, dan 6 batang serai yang dimemarkan. Cara Membuat Wedang Serai, yaitu: (1) Rebus semua bahan sampai mendidih dan meresap; (2) Setelah itu saring dan sajikan dalam keadaan hangat.


Wedang Teh Secang

Bahan yang diperlukan adalah 1.500 ml air, 10 gram secang, 1 kantong teh celup, 2 batang serai yang dimemarkan, 2 cm kayu manis, 150 gram jahe yang bakar dan dimemarkan serta 180 gram gula pasir. Cara membuat wedang Teh Secang adalah sebagai berikut: (1) Didihkan air lalu masukkan gula, secang, serai, kayu manis, jahe, dan gula pasir di atas api kecil sampai harum lalu diangkat; (2) Celupkan teh celup dan biarkan 15 menit; (3) Minum dalam keadaan hangat.


Wedang jahe lemon

Bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut 4 cm jahe, cincang, 1 buah mentimun jepang lalu potong-potong dan iris tipis, 1 buah jeruk lemon yang diiris, 5 batang daun mint, serta 1.500 ml air. Cara membuatnya adalah rebus air bersama jahe sampai mendidih lalu tambahkan mentimun, jeruk lemon, dan daun mint saat dingin. Kemudian, sarinng dan nikmati selagi hangat.

Itulah tiga jenis "wedang" (minuman) herbal peningkat imunitas tubuh untuk cegah Corona. Masih banyak lagi resep-resep minuman herbal yang ada di Indonesia. Kalau resep minuman herbal sahabat kompasiana apa?

Sumber: www.kompas.com; www.grid.id dengan penambahan penulis

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x