Mohon tunggu...
Nurul Huda
Nurul Huda Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis | Dosen STAIM Tarate Sumenep
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya adalah Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis | Dosen Prodi Ekonomi Syariah di STAIM Tarate Sumenep dan Aktif di beberapa organisasi. Profesi Moto : Berbagi Illmu Pengetahuan (Belajar, Berilmu, Beramal & Beribadah). Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Selanjutnya

Tutup

Money

Faktor-faktor yang Memengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Jamu Tradisional di Kabupaten Sumenep

4 Desember 2019   06:23 Diperbarui: 4 Desember 2019   11:20 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Keywords: Faktor Individu, Lingkungan, Marketing Mix dan Keputusan Pembelian Konsumen 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel Faktor Individu, Lingkungan dan Marketing Mix secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Jamu Tradisional serta melihat sejauh mana ketiga variabel tersebut berpengaruh secara dominan terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Jamu Tradisional di Kabupaten Sumenep. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli jamu tradisional di counter-counter jamu tradisional yang tersebar di Kabupaten Sumenep. Jumlah populasi yang ada tidak dapat diketahui secara tepat, sehingga untuk pengambilan sampelnya ditentukan dari jumlah variabel yang berjumlah  19 variabel dikalikan 4 kali. Sehingga jumlah yang akan diteliti adalah 116, yang akan diambil dengan menggunakan tekhnik Accidental sampling yaitu pemilihan sampel melalui siapa saja yang ditemui pada saat itu. Perumusan ini diperoleh dari syarat yang ditetapkan oleh Malhotra (1996) yang menyebutkan bahwa jumlah sampel/responden yang diambil paling sedikit 4 atau 5 kali dari jumlah variabelnya.[1] Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor produk yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian jamu tradisional di Kabupaten Sumenep. Hasil uji secara parsial Variabel Faktor Individu, Lingkungan dan Marketing Mix berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Poduk Jamu Tradisonal di Kabupaten Sumenep. Faktor Produk adalah variabel dominan yang berpengaruh terhadap Keputusan  Konsumen dalam Pembelian Produk Jamu Tradisonal di Kabupaten Sumenep.     

Detail Info Click Link di bawah :

http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/terateks/article/view/3630

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun