Ketika berbicara mengenai digital marketing, masih banyak orang meragukan apakah pemasaran secara digital ini bisa mendongkrak bisnis?
Sebagai gambaran, mengutip data dari WeAreSocial mencatat, 93% pengguna internet di Indonesia mencari produk yang akan mereka beli secara online. 87,3% pengguna internet di Indonesia juga sudah tidak ragu lagi untuk mengunjungi laman web resmi dari brand atau toko.
Makanya pemasaran secara digital saat ini bisa memangkas jarak dan waktu yang tidak bisa didapatkan dari marketing tradisional.
Lalu bagaimana cara digital marketing bisa meningkatkan bisnis kamu?
1. Riset Pasar
Langkah pertama ketika ingin memulai bisnis adalah melakukan riset pasar. Proses mengumpulkan informasi mengenai kebutuhan, preferensi sampai ke persona konsumen menjadi aset penting untuk tahu akan dibawah ke mana arah bisnis.
Kalau marketing era dulu, barangkali cara merisetnya adalah dengan wawancara atau telemarketing. Sekarang dengan digital marketing saja kita bisa melakukan riset hanya dengan kata kunci.
2. Branding
Digital marketing bisa berjalan ketika pondasi awalnya sudah kuat. Secara tidak langsung dengan melakukan digital marketing ini juga menaikkan branding. Tujuannya untuk memberitahu konsumen potensial mengenai usaha milik kamu.
Dari branding, kita bisa memberitahu mulai dari siapa, apa yang dikerjakan, mengapa harus membeli, dan apa yang diharapkan.
Lewat digital marketing, branding juga jadi lebih disederhanakan. Kita tinggal membangun aset seperti merancang dan membangun website, media sosial, konten dan lainnya.
Dengan adanya aset digital ini memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan kita.